Saturday, May 23, 2015

She Loves You | Review Lite Novel INDONESIA "She Loves You" (2015)

PENDAHULUAN

Baru-baru ini (nggak baru juga sih) toko buku Indonesia kedatangan jenis buku-buku baru di antara banyak jenis buku yaitu, LITE NOVEL. Lite Novel atau biasa Light Novel (Novel Ringan) adalah... ya novel.... Lite Novel ini biasa terkenal di Jepang, dalam artian, Jepang adalah pusatnya. Lite Novel berbeda dengan Novel pada umumnya karena ceritanya cenderung lebih pendek dan... ya... beda 'lah pokoknya.
Dan yang akan di bahas kali ini adalah Lite Novel yang di buat oleh orang INDONESIA berjudul "She Loves You" (mirip lagu the beatles) .
Sebelumnya sang penerbit, SHINING ROSE MEDIA sudah menerbitkan beberapa Lite Novel asli dari Jepang di antaranya, Penguin Summer, Candid, Leena's World Map.
Jujur saja, pertama kali melihat kedatangan Lite Novel "She Loves You" ini saya seperti merasa tertipu. Karena pada sebelumnya saya sudah memiliki 3 Lite Novel lainnya yang sudah diterbitkan Shining Rose Media lebih dahulu. Jadi awalnya saya berpikir bahwa sang penerbit telah menerbitkan Lite Novel Jepang yang baru (nama pengarangnya Rekai, 'kan kayak jejepangan gitu), namun yang saya dapat adalah Lite Novel yang di buat oleh orang Indonesia (Mungkin karena orang Indonesia tidak terkenal dengan karya Lite Novel, sehingga saya bisa tertipu seperti ini).

Tapi yah mau bagaimana lagi, barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan, setelah diperhatikan lebih detail memang ada lambang bendera Indonesia yang terdapat pada sampulnya, jadi mungkin memang saya kurang teliti dalam melihat saat sedang membelinya. 

Berikut Detail LN-nya:
Judul : She Loves You
Pengarang :  Rekai
Ilustrasi : minamixdrops
Penerbit : PT Shining Rose Media
Desain Kover : Jaka Tanujaya
Layout : Jaka Tanujaya
Editor :Stanley A. Lucardi
Cetakan I : Februari 2015
Sinopsis:
Impian mengenai kehidupan SMA yang menyenangkan bersama Loki sudah di depan mata.
Tidak lupa aku juga berkenalan dengan Fyari, si gadis manis yang sangat lemah lembut dan memiliki kakak laki-laki yang sifatnya tidak bisa tertebak.
Dengan begini, apa kehidupan SMA-ku akan berjalan sebagaimana mestinya?
Apa Loki akan sadar akan perasaanku selama ini?

PERKENALAN KARAKTER

Haruna
Loki

Fyari
Denis






Karakter-karakter dominan (Main Characters) yang terdapat dalam LN ini adalah:
  1. Haruna, Main character dari LN ini, memiliki sifat yang cenderung Tsundere, berteman sejak kecil dengan Loki, menyukai hal-hal berbau anime, dkk, merupakan anak yang cerdas tanpa harus banyak belajar.
  2. Loki, Teman masa kecil Haruna, juga menyukai hal-hal berbau anime,dkk seperti Haruna, seorang yang cerdas dan rajin belajar, namun selalu kalah nilai dengan Haruna, menyukai Fyari.
  3. Fyari, Teman sebangku Haruna di SMA, anak yang lugu, polos dan lemah lembut, termasuk anak yang penyendiri dan tidak memiliki banyak teman.
  4. Denis, Kakak laki-laki dari Fyari, orang yang datar dan sulit ditebak, kadang pemarah dan dingin, overprotektif terhadap adiknya,  home schooling dari SD sampai Kuliah. WHAT?!
Karakter tambahan:
  1. Ibu Sonya, Bundanya Loki
  2. Ayah dan Ibunya Haruna
  3. Ibu Lilly, Ibu dari Fyari dan Denis
  4. Bu Yuni, Guru penjaga UKS sekolah Haruna
  5. Bu Ika, Guru Fisika
  6. Pak Haris, Guru Olahraga

DARI SEGI ILUSTRASI


Ilustrasi adalah termasuk hal yang penting dalam sesuatu yang namanya buku, Ilustrasi dalam LN meliputi, Cover dan Ilustrasi cerita. Meski ada pepatah, "Jangan menilai sesuatu dari covernya (luarnya)", Tapi jelas bahwa jika cover yang ditampilkan tidak menarik maka tidak akan ada yang tertarik untuk melihatnya atau bahkan menyentuhnya. 'kan gak mungkin asal buka bungkusnya

Ilustrasi yang ada di LN She Loves You ini sudah termasuk bagus, baik dari cover maupun ilustrasi cerita, minamixdrops sepertinya berhasil mengeksekusi kualitas ilustrasinya mirip dengan kualitas ilustrasi LN-LN Jepang meski ada beberapa ilustrasi yang cukup janggal atau mungkin lebih tepat dibilang kurang mendetail, tapi yah sah-sah saja, karena memang untuk ilustrasi hanya tersedia 1 halaman, dan hal yang harus diilustrasikannya memang terkesan sulit digambarkan hanya dalam 1 halaman.


ISI CERITA [awas banyak SPOILER!]

Cerita She Loves You secara garis besar, menceritakan tentang kisah cinta masa SMA (Highschool Romance). Cerita yang secara gamblang dapat dikatakan cerita yang sudah pasaran, karena seperti yang kita tahu bahwa kisah cinta masa SMA memang sudah banyak diceritakan dimana-mana.

LN ini dibagi menjadi beberapa chapter yaitu:
  1. Prologue
  2. She Met You
  3. She Liked You
  4. She Dated you
  5. She Left You
  6. Epilogue
Okey, dari Judul LN sampai ke chapter-chapternya, sepertinya kita memang sudah dapat menebak bagaimana isi dari kisah cinta SMA, dimana tertulis kata, "She" dan "You" dimana dalam bahasa Indonesia adalah... "Dia" dan "Kamu". dan jika ada dia dan kamu, pasti ada "aku" dan ketika ketiganya bertemu sudah JELAS BAHWA..... Aku, kamu dan Dia....... THIS IS TRIANGLE LOVE!!!
Yes, cerita ini memang berisikan cinta segitiga antara, Haruna, Loki dan Fyari. Dimana diceritakan bahwa [SPOILER START] Haruna yang menyimpan perasaan suka kepada teman masa kecilnya Loki, harus mengetahui bahwa Loki sebenarnya memiliki perasaan suka kepada orang lain yang tidak lain tidak bukan adalah sahabat Haruna yaitu Fyari. Dan dari sinilah cerita bagaimana seorang Haruna harus bertahan terhadap perasaan hatinya yang tak tersampaikan dan terlukai di saat yang sama. [SPOILER END].

Kualitas Cerita

Secara pribadi saya melihat kualitas dari cerita ini yang bisa dibilang naik menanjak dari chapter awal ke chapter akhir. Dimana jujur saja saya katakan, dari Chapter prologue sampai dengan chapter pertama, kualitas cerita cenderung sangat membosankan dimana kita disuguhkan masa lalu Haruna dan Loki kebiasaan mereka sehari-hari dan awal-awal masuk SMA yang cenderung tidak ada suspens. Saya sendiri harus bertahan untuk berusaha menikmati bagian ini sampai selesai agar dapat melanjutkan ke chapter baru gak selebay itu juga sih sebenarnya.


Suddenly Twist

Peningkatan kualitas cerita terjadi mulai dari pertengahan chapter ke-2 mulai muncul beberapa suspens (ketegangan) ketika masuknya tokoh Kak Denis saat Haruna dan Loki mengantar Fyari pulang karena suatu alasan. Dan seiring dengan berjalannya chapter demi chapter cerita pun semakin menarik diikuti dan juga muncul beberapa twist-twist yang terjadi secara gamblang dan tiba-tiba baik dari pertengahan sampai ke ending akhirnya pun terselip twist-twist kecil yang menambah nikmatnya cerita.

Alur dan Tempo Cerita

Alur cerita dalam novel ini menggunakan alur maju dengan sudut pandang aku sebagai pelaku utama (jadi kayak pelajaran Bahasa Indonesia aja) . Jadi cerita dalam novel ini ibarat diceritakan langsung oleh Haruna selaku Main Character dan beberapa tuangan perasaan dari Haruna yang akan membantu kita mencerna seperti apa ceritanya.

Tempo cerita yang digunakan bisa dibilang berubah-ubah dari lambat kemudian tiba-tiba cepat kemudian lambat lagi kemudian cepat lagi. seperti ketika chapter ke-1 bercerita tentang awal masuk SMA Haruna dan Loki, lalu di chapter ke-2 bercerita tentang kegiatan sehari-hari di SMA mereka namun tiba-tiba di chapter-chapter selanjutnya bisa langsung menuju 1 tahun ke depan ke kelas 2 SMA, lalu setelah beberapa kejadian di kelas 2 SMA di chapter selanjutnya dapat langsung maju 1 tahun ke depan lagi di kelas 3.
Bahkan totalitas cerita keseluruhan merangkup 3 tahun SMA dalam 1 Light Novel dimana menurut saya secara pribadi, itu merupakan jangka waktu yang dibilang sangat cepat, karena biasanya kisah kehidupan SMA dalam LN hanya berisikan kejadian paling jauh 1 tahun pelajaran dalam 1 LN.


Bahan Perasaan (BAPER) dan FEEL

Jaman sekarang jika menyangkut tentang cerita cinta remaha biasa akan berhubungan dengan namanya BAPER atau Bahan Perasaan atau juga secara ringan bisa disebut curhatan tokoh cerita, sebagaimana dibilang di atas, Yes, cerita ini mengambil BAPER dari Main Character kita, Haruna, dimana beberapa kali kejadian yang ada pada cerita penuh dengan BAPER anak remaja, curhatan cinta keseharian, dan tidak dapat disingkirkan juga, FEEL, FEEL adalah istilah dimana ketika kita menikmati sebuah cerita dan cerita tersebut berhasil menyentuh hati kita sehingga kita terharu, sedih, menangis, emosi dan Nge-FEEL. LN She Loves You berhasil menghasilkan beberapa FEEL-FEEL kecil dari ceritanya (Ini mungkin masalah Pribadi sih) dari pertengahan hingga akhir.


Pengembangan Karakter

Dalam cerita ini tiap masing-masing karakter mengalami perkembangan yang lumayan bisa di bilang, baik itu hubungan antar karakter ataupun secara batin personal karakter, mulai dari Haruna yang mengalami peristiwa-peristiwa di kesehariannya, hubungan antara Haruna, Loki dan Fyari. Dan di antara semuanya adalah Denis, yang memiliki perkembangan karakter yang bisa dibilang paling menarik untuk diikuti, [SPOILER START] dimana seperti yang kita tahu, ketika Loki dan Fyari sudah menjadi sepasang kekasih, Haruna pun menjadi tersakiti dan terlukai dengan setiap kedekatan mereka berdua, bahkan sampai kecelakaan yang menimpa Fyari, Hubungan antara Haruna dan Loki pun akhirnya retak, dan disinilah kemunculan seorang Kak Denis sebagai penguat Haruna di saat sedihnya, Kak Denis yang menjadi sangat perhatian dengan Haruna dan memiliki kesan yang sangat berbeda dari pertemuan awalnya membuatnya memiliki perkembangan yang signifikan dibanding yang lain. [SPOILER END].

The Ending

WARNING! :Bagian Review yang satu ini berisi SPOILER dan Curhatan Pe-review!

[SPOILER START]
Menurut saya selaku seorang Review-er amatiran (memangnya ada review-er yang pro?) ending dari cerita LN ini bisa dibilang TWIST yang terlalu Twist.
Memang..., Alur menuju ending memang sudah dapat terbaca dari pertengahan cerita, ketika tau bahwa ceritanya mengambil cerita dimana Haruna yang cintanya kepada teman masa kecilnya, Loki bertepuk sebelah tangan akhirnya mendapat pengganti Loki yaitu, Kak Denis. Alurnya dari sana sudah terbaca, dan keadaan Fyari yang saat itu ada di antara hidup dan mati (koma) setelah kecelakaan yang menimpanya, Hubungan Haruna dan Loki yang menjadi retak, setelah Loki mengetahui isi hati Haruna yang sebenarnya, membuatnya menjadi lebih mudah.

Berikut Curhatan REVIEW-ER tentang ending LN She Loves You ini:
Sebenarnya ada beberapa pilihan alternatif untuk dapat dijadikan ending dari cerita ini berdasarkan alur di atas:

1. Akhir cerita, Fyari pun terbangun dari komanya dan bersama kembali dengan Loki. Dan kini pun Haruna sudah memiliki pasangan baru yakni Kak Denis, hubungan Haruna dengan Loki yang sudah retak pun akhirnya bisa utuh kembali dan mereka hidup bahagia selamanya [HAPPY ENDING].

2. Fyari akhirnya tidak dapat diselamatkan, Loki menjadi sangat shok dengan kabar itu, mendengar hal itu Haruna pun memilih untuk menguatkan Loki dan menggantikan posisi Fyari di hati Loki serta meninggalkan Kak Denis, Kak Denis yang memiliki pemikiran yang Dewasa dapat mengerti hal itu dan akhirnya rela melepaskan Haruna, akhirnya cepat atau lambat Loki pun menerima Haruna dan hubungan mereka kembali seperti semula kembali dan mereka hidup bahagia selamanya [HAPPY ENDING].

Dibandingkan kedua Ending Alternatif di atas, ternyata REKAI selaku pengarang dari Lite Novel She Loves You ini, lebih memilih ending yang menurut saya cukup menyakitkan untuk dirasakan, berikut ringkasannya:
"Akhirnya Fyari tidak dapat di selamatkan, sebelum Loki mendengar kabar tentang hal itu, janji Haruna dengan Loki tentang siapa yang mendapat nilai lebih tinggi pada akhir SMA berhak memberikan hukuman ke yang lain dimenangkan oleh Haruna, dan Haruna menghukum Loki dengan sebuah permintaan agar selalu ceria dan tersenyum dalam menghadapi apapun masalah yang didepannya, hal itu diucapkan sesaat sebelum Loki menerima kabar kematian Fyari.

Setelah kejadian itu langsung berlanjut menuju Epilog, dimana di Epilog diceritakan bahwa akhirnya Haruna pun memilih tinggal diluar kota agar tidak mengganggu kehidupan Loki lagi, kini Haruna memiliki Kak Denis yang tinggal di kota yang sama dengannya dan melanjutkan kuliah di tempat yang sama dengan tempat Haruna kuliah. Haruna berharap Loki dapat menemukan kebahagiaan barunya tanpa gangguan dirinya. END."

Sekilas memang Ending yang cukup Happy bisa dibilang untuk Haruna dan Kak Denis.
TAPI BAGAIMANA DENGAN LOKI????!!!!
Loki yang tengah Shock akibat kehilangan Fyari malah ditinggal oleh Haruna yang merupakan sahabatnya dari kecil tempat dimana ia bisa mengungkapkan perasaan sedihnya.
Meski pada awalnya memang Loki yang memilih menjauhi Haruna setelah mengetahui isi Haruna tentang dirinya, TAPI 'kan itu semua agat Haruna tidak tersakiti lagi dengan hubungan Loki dan Fyari. Akhirnya Loki pun sendirian dan tidak dibahas lagi bagaimana kehidupan selanjutnya Loki T^T.
Kesimpulan Ending menurut Review-er secara Pribadi, totally Pribadi tanpa bermaksud menjelek-jelekkan atau semacamnya:
this was happy ending for Haruna and Kak Denis, but it was TOO BIG SAD Ending for LOKI T^T
[SPOILER END]


LATAR BELAKANG

Latar belakang ini dilihat dari Lite Novel ini dimana kita tahu bahwa ini adalah Lite Novel asli karangan REKAI dari Indonesia.

Gaya Bahasa

Secara pribadi, saya senang dengan gaya bahasa yang digunakan dalam Lite Novel ini, tidak terlalu formal sehingga dapat dengan mudah dipahami dan disatu sisi juga tidak terlalu santai atau lebay.
Pemilihan penggunaan kata seperti "aku" , "kamu" dalam Lite Novel ini jauh lebih baik dibandingkan jika menggunakan kata yang terlalu santai seperti "gue", "lo" dan sebagainya. Karena Lite Novel biasa kita tahu berasal dari Jepang dan ketika di terjemahkan ke Indonesia akan lebih menggunakan kata "aku" dibandingkan "gue", adalah lebih tepat memilih menggunakan kata "aku" untuk Lite Novel asli Indonesia sendiri juga, karena akan mengangkat nilai LN Indonesia itu sendiri, meski memang secara nyata, tidak ada yang salah dengan penggunaan kata "gue" dalam sebuah karya sastra yang tidak formal..


Selipan Nama Anime

Tidak jarang dalam Lite Novel ini kita menemukan nama-nama Anime yang disinggung oleh Haruna dan Loki, karena memang kedua karakter itu hobi dengan hal-hal berbau game dan Anime. Sebut saja, Anime Bleach, Another, Karakter Chitanda Eru dan ketika Haruna merasa telah melakukan kesalahan dan ingin kembali ke masa lalu ia berharap untuk menjadi seorang Akemi Homura.

Jujur saja terselipnya Nama-nama Anime dan karakternya di LN ini menjadi sedikit nilai tambah tertentu bagi pembacanya, karena memang sebuah Lite Novel cukup berhubungan dengan Anime, sehingga orang-orang/konsumen pembeli Lite Novel ini biasanya kebanyakan adalah seorang Otaku atau paling tidak Anime Lovers (bener gak? apa jangan-jangan hanya saya saja?). Pembaca mungkin akan sedikit tertawa atau mungkin tersenyum ketika nama sebuah Anime tertera dalam Lite Novel dengan berpikir "Bisa-bisanya ada bawa-bawa anime ini... hahahahaha....".


Kulturisasi

Kulturisasi atau budaya-budaya yang menjadi latar belakang dalam sebuah cerita akan sangat mempengaruhi ketertarikan dan minat seorang pembaca/pembeli. Kulturisasi berhubungan dengan minat konsumen tertentu, seperti misalkan: "seorang Otaku yang biasa membeli LN Jepang kemudian mencoba membeli LN lokal, namun ternyata isinya terlalu bersifat kedaerahan seperti menggunakan bahasa-bahasa daerah (cth: opo iki?, pie kabare?, dll)." Otaku tersebut pasti tidak akan begitu tertarik dengan LN tersebut karena kecewa dengan isinya, karena dibenak Otaku tersebut pasti berpikir bahwa "LN itu dari Jepang, jadi paling tidak pasti mirip-miriplah dengan Jepang". Hal ini juga termasuk ketika menggunakan aturan agama ataupun adat istiadat tertentu.

Sekali lagi saya sangat senang dengan LN She Loves You ini, karena cenderung lebih memilih untuk menggunakan kulturisasi Universal atau bisa dibilang tidak bersifat kenegaraan ataupun kedaerahan.
Hal ini dilihat dari bagaimana keseharian yang dijalani karakter masing-masing yang tidak menunjukkan kebiasaan khusus suatu negara ataupun daerah, meski memang masih ada unsur lokal seperti makan siang baso dan mie ayam, tapi itu malah memberi nilai plus tersendiri dan tidak mengurangi kualitas ceritanya karena hal tersebut adalah hal yang ringan dan tidak dipaksakan.
Karena jujur saja, pengalaman saya melihat karya-karya lokal kadang-kadang ada yang memaksakan dengan keras sifat kenasionalis-an, padahal hal itu membuat karyanya menjadi kurang menarik, dsb.
Dengan kulturisasi Universal ini, She Loves You dapat menarik konsumen dari kalangan mana saja tidak terkecuali.

Untuk catatan: "Tidak ada salahnya memasukan hal-hal yang bersifat keagamaan, suku, adat istiadat dsb." karena itu bukti bahwa kita mencintai tanah air kita. Tapi, janganlah memaksakan hal tersebut agar selalu terjadi karena tidak semua orang berpikiran se-nasionalis diri kita sendiri.


Penamaan Karakter

Salah satu yang mencolok ketika mulai untuk mengikuti LN ini adalah Penamaan Karakter, Yes it is, Penamaan Karakter juga berhubungan dengan kulturisasi, karena nama setiap orang di setiap negara memiliki perbedaan.
Jelas saja ini sangat mencolok, Penggunaan nama "HARUNA" yang jelas-jelas nama orang jepang membuat rasanya jadi aneh ketika membaca nama Haruna yang jejepangan bercampur dengan Denis yang sudah familiar bagi orang Indonesia.
Usut punya usut, ternyata dalam LN-nya pun diceritakan bagaimana seorang Haruna diberikan nama Haruna oleh orang tuanya, dituliskan dalam salah satu chapter bahwa Ibu Haruna terinspirasi pada kapal laut Jepang dimasa lampau yang kuat dan canggih pada masanya.

Maybe You have same think with me?? LN yang menyelipkan nama-nama Anime lalu menyebut kata "Jepang"! "Kapal Laut"! dan nama kapal itu adalah HARUNA, I know we understand something about that! JENG JENG JENG JENG!!!!
Jepang! Kapal Laut! Anime! Perempuan! Haruna!!! Yes That is!!
Haruna from Kongou-Class Battleship (KANTAI COLLECTION)
Nama Loki yang diambil dari Dewa kegaduhan juga cukup unik didengar namun tidak terlalu mencolok seperti Haruna (Jangan sampai saya munculkan gambar Loki dari Avengers ataupun dewi Loki dari DanMachi ataupun Loki - Loki yang lainnya).
Namun karakter lain selain Haruna dan Loki, menggunakan nama yang lebih familiar di dengar orang Indonesia seperti, Ika, Yuni, Fyari, Sonya, Denis, Haris.
Penggunaan nama yang varian ini pun bisa mempengaruhi pandangan seseorang terhadap karya ini, ntah itu nilai plus ataupun nilai minus.

KESIMPULAN

Sebagai sebuah langkah awal dari Industri Lite Novel lokal asli dari Indonesia, Rekai dan rekan-rekannya yang bergabung bekerja sama untuk menyelesaikan "She Loves You". Patut di apresiasi dengan sangat, karena apa yang baru dihasilkannya bisa dan pantas diterima masyarakat.

Berawal dari saya yang tertipu karena ketidaktelitian saat memilih buku ini, saya pun memulai untuk mencoba menikmati apa yang ada dihadapan saya, sampai akhirnya saya pun jadi susah tidur pada hari saya membaca halam akhir Lite Novel ini.
Baik dari segi kualitas ilustrasi maupun cerita juga bagus dan tidak kalah dari LN luar, meski memang popularitasnya berbeda.

Memberikan sedikit gambaran kepada kita tentang bagaimana menghadapi kisah cinta triangle love, that's it SHE LOVES YOU~

Jika ditanya Apakah She Loves You dapat direkomendasikan?
I will say, "Yes, It was Recommended."

5 comments:

  1. Hello, cuman mau bilang minggu depan saya mo beli Lite novel na..
    It was recommended?? berarti uda ga direkomendasi lagi dong??
    bagus ga ne?? ==? thx for the review btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhh salah ya bahasa inggrisnya?? bagus kok bagus... terutama untuk penggemar cerita romance...

      Delete
  2. Wahh pasti yang bikin blognya jomblo dah..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Medis tolong.... wahh aib ane ketauan dah... wkwk

      Delete