Friday, May 1, 2015

WINNING ROUTE - Cara tidak pernah kalah dalam TIC TAC TOE!!

TIC TAC TOE adalah salah satu permainan yang bisa dibilang memiliki umur yang cukup tua, yaitu dari masa kekaisaran Romawi. Permainan ini biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang ketika sedang bosan. Permainan ini sangat mudah dilakukan, dengan bermodalkan alat tulis dan secarik kertas, semua orang dapat memainkan Tic Tac Toe, Bahkan permainan ini juga dapat dimainkan di Smartphone.
Sesimpel apapun Tic Tac Toe, Permainan tetaplah permainan, dimana setiap pemain pasti menginginkan kemenangan. Dalam Permainan Tic Tac Toe dapat muncul 3 kemungkinan yaitu, menang, kalah dan seri. Kekalahan biasa terjadi karena sebuah kesalahan atau kecerobohan pemainnya. Namun jika setiap pemain teliti dalam memilih langkahnya, kemungkinan akan selalu seri.

Namun jika diteliti dengan seksama ada beberapa rute yang memang memiliki kemungkinan menang yang paling besar dan tidak mungkin kalah, Rute ini bisa disebut dengan nama "WINNING ROUTE", dengan syarat yaitu:

1. MERUPAKAN ORANG YANG JALAN PERTAMA!

WINNING ROUTE hanya dapat dibuat oleh orang yang jalan terlebih dahulu, jadi langkah pertama adalah penentu bagaimana akhir pertandingan. Seperti sebuah kata mutiara: "MENANG SEBELUM BERTANDING".

2. LANGKAH PERTAMA DIMULAI DARI SUDUT!



Setelah memenuhi kedua syarat di atas, barulah dapat dilakukan "WINNING ROUTE" dalam TIC TAC TOE.

Berikut percobaan-percobaan dalam Tic Tac Toe menggunakan teori "WINNING ROUTE" tersebut.

Catatan: Dalam percobaan dibawah, tanda X adalah pemain yang jalan terlebih dahulu.



Jadi kesimpulan dari gambar percobaan di atas, dapat dilihat bahwa tujuan di rute ini adalah bagaimana pemain pertama (dalam hal ini X) dapat mengambil kolom tengah di langkah ke-2 dan selalu mengeksekusi di langkah ke-3. Namun pada akhirnya rute ini hanya memanfaatkan kelengahan pemain kedua (dalam hal ini O) pada langkah ke-1 dimana pemain biasanya sering kurang teliti pada pemilihan langkah pertamanya.

Tapi Kenyataannya Perbandingan antara Menang : Kalah : Seri = 3 : 0 : 6
Jadi rute ini membuktikan bahwa pengguna "WINNING ROUTE" memang tidak akan kalah.

3 comments: