Saturday, March 18, 2017

Penjelasan Karakter Accel World: Infinite Burst


Accel World: Infinite Burst, adalah anime dalam bentuk movie yang merupakan cerita kelanjutan dari serial anime berjudul sama yaitu Accel World. Movie yang tayang pada tahun 2016 ini termasuk salah satu movie yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya, namun sayangnya selain adanya episode recap selama 40 menit dari total film 1 jam lebih, ada hal yang lebih mengganggu para penggemar yang tidak mengikuti light novelnya yaitu muncul beberapa karakter yang sebelumnya tidak ada sama sekali tanpa adanya penjelasan sedikitpun.


Disini penulis akan membahas beberapa karakter yang tiba-tiba muncul dan memberikan sedikit penjelasan tentang beberapa yang semoga saja bisa mencerahkan para penggemar atau penonton yang kebingungan, tapi sebelumnya berikut detail info tentang anime movie ini:

Judul: Accel World: Infinite∞Burst
Type: Movie
Episode: 1
Studios: Sunrise
Sumber: Light Novel
Pengarang: Reki Kwahara
Tanggal tayang: 23 Juli 2016
Durasi: 1 jam 22 menit
Genres: Action, Game, Sci-Fi, Romance, School

Penjelasan Singkat tentang Cerita Accel World

Accel World bercerita tentang Arita Haruyuki seorang murid kelas 1 SMP Umesato pada tahun 2046, dimana di Jepang semua sudah serba dengan teknologi canggih dan salah satunya adalah Neuro Linker, yaitu alat yang bisa membantu kebutuhan orang-orang seperti Computer secara Augmented Reaility ataupun dapat masuk ke dalam dunia permainan secara Virtual Reality.

Arita merupakan seorang yang dibully di sekolahnya namun pada suatu hari bertemu dengan kakak kelasnya bernama Kuroyukihime, yang membantunya melawan pembullyan dengan memberikan program bernama Brain Burst yang dapat membuat seseorang bergerak lebih cepat dibanding orang lain, disatu sisi Kuroyukihime juga meminta bantuan Arita dalam sebuah permainan bernama Accelerated World (Dunia Percepatan). Dari sanalah petualangan Arita Haruyuki dan Kuroyukihime dimulai sebagai Burst Linker.

Pengenalan Tokoh Utama dan Duel Avatar

Dalam cerita Accel World, tiap Burst Linker memiliki masing-masing Duel Avatarnya di Accelerated World yang digunakan untuk bertarung satu sama lain baik perorangan ataupun secara team maupun dalam sebuah legion. Berikut tokoh yang sudah dikenal dalam seri Accel World:

1. Arita Haruyuki | Duel Avatar: Silver Crow

Arita Haruyuki - Silver Crow


2. Kuroyukihime | Duel Avatar: Black Lotus

Kuroyukihime - Black Lotus


3. Mayuzumi Takumu | Duel Avatar: Cyan Pile

Mayuzumi Takumu - Cyan Pile


4. Kurashima Chiyuri | Duel Avatar: Lime Bell

Kurashima Chiyuri - Lime Bell


5. Kouzuki Yuniko | Duel Avatar: Scarlet Rain

Kouzuki Yuniko - Scarlet Rain


6. Kakei Mihaya | Duel Avatar: Blood Leopard

Kakei Mihaya - Blood Leopard

Dalam dunia Accel World terdapat 6 Legiun yang dipimpin 6 raja yang berkuasa dan memiliki daerahnya masing-masing mereka dikenal Six Kings of Pure Color (Enam Raja Warna) diantaranya yaitu:
kiri ke kanan lalu ke bawah: Green Grandee, Blue Knight, Yellow Radio, Purple Thorn, Black Lotus, Scarlet Rain

1. Black King

Nama Legiun: Nega Nebulus
Raja: Black Lotus

2. Blue King

Nama Legiun: Leonids
Raja: Blue Knight

3. Green King

Nama Legiun: Great Wall
Raja: Green Grandee

4. Purple King

Nama Legiun: Auroral Oval
Raja: Purple Thorn

5. Red King

Nama Legiun: Prominence
Raja: Scarlet Rain (Merupakan raja ke-2 menggantikan Red Rider)

6. Yellow King

Nama Legiun: Crypt Cosmic Circus
Raja: Yellow Radio

7. White King

Nama Legiun: Oscillatory Universe
Raja: White Cosmos
Catatan: Legiun ke-7 ini tidak termasuk dalam Six Kings of Pure Color, namun memiliki kekuatan yang sebanding dengan yang lainnya, tidak diberitahukan dalam anime tapi terdapat dalam light novelnya, penjelasan lebih lanjut ada di bawah.
White Cosmos

Penjelasan Singkat tentang Cerita Infinite Burst

Selain recap serial animenya selama 40 menit, movie Accel World: Infinite Burst memiliki cerita original yang dibuat oleh pengarangnya sendiri yaitu Reki Kwahara (pengarang SAO juga) yang menceritakan keadaan beberapa bulan setelah serial animenya dimana Nega Nebulus yang dipimpin oleh Black Lotus telah bertemu kembali dengan beberapa anggota lamanya dan sedang melakukan pertarungan perebutan wilayah, namun tiba-tiba terjadi gangguan yang membuat Brain Burst tak dapat di akses di Shibuya, setelah ditelusuri ternyata hal tersebut disebabkan oleh God-Class Enemy yang ada di Accelerated World, dimulailah pertarungan Black Lotus beserta Legiunnya untuk mengalahkan musuhnya dan mengembalikan keadaan semula dibantu para raja legion yang lain.

Penjelasan Beberapa Karakter Baru Anggota Legiun Nega Nebulus dan lainnya

Disinilah titik permasalahannya, bagi penonton serial anime yang kemudia melanjutkan menonton movie ini tanpa membaca light novelnya pasti kebingungan dengan beberapa karakter baru yang muncul maupun karakter lama yang tiba-tiba memiliki hubungan dekat dengan Nega Nebulus. Berikut penjelasannya:

1. Himi Akira

Duel Avatar: Aqua Current
Legiun: Nega Nebulus

Penjelasan:
Himi Akira (Kiri) - Aqua Current (Kanan)
Himi Akira atau Aqua Current merupakan karakter lama yang terdapat dalam serial animenya, adalah seorang Burst Linker level 1 yang pernah menolong Silver Crow saat Burst Poinnya tidak sengaja terpakai hingga hampir habis, setelah ditelusuri dari berbagai sumber, Aqua Current merupakan mantan anggota Nega Nebulus sebelum Black Lotus membunuh Red King pertama dan lari dari Accelerated World, Aqua Current termasuk 1 dari 4 anggota Nega Nebulus yang dijuluki dengan sebutan Elements. Setelah melalui timeskip yang tidak diceritakan Himi Akira akhirnya bergabung kembail dengan Nega Nebulus dan membantu di cerita Infinite Burst.

2. Kurasaki Fuuko

Sky Raker
Kurasaki Fuuko


Duel Avatar: Sky Raker
Legiun: Nega Nebulus

Penjelasan:
Kurasaki Fuuko atau Sky Raker, sama seperti Aqua Current sebelumnya merupakan karakter lama yang sudah tampil di serial animenya, yang diketahui meminjamkan Gale Thurster-nya kepada Silver Crow saat menghadapi Dusk Taker dan juga orang yang mengajarkan teknik Incarnation kepada Silver Crow. Sama juga seperti Aqua Current sebelumnya, Sky Raker juga merupakan 1 dari 4 anggota Elements dari Nega Nebulus sebelum Black Lotus lari dari Accelerated World dan melalui timeskip yang tidak diceritakan akhirnya Sky Raker kembali bertarung bersama Black Lotus di Nega Nebulus.

3. Shinomiya Utai

Duel Avatar: Ardor Maiden
Legiun: Nega Nebulus
Shinomiya Utai (Kiri) - Ardor Maiden (Kanan)

Penjelasan:
Merupakan karakter yang baru pertama kali muncul di movienya, namun pernah sempat menjadi cameo di ending credit episode 24 serial animenya. Adalah seorang anak SD di Matsunoki Elementary School, juga merupakan anggota Nega Nebulus yang sudah ada sebelum Black Lotus lari dari Accelerated World, juga adalah 1 dari 4 anggota Elements. Armor Ardor Maiden yang mirip dengan baju miko (pendeta agama Shinto) merupakan ungkapan dari ketakutannya di dunia nyata dimana ia merupakan anak penjaga kuil setempat dan sangat menyukai upacara keagamaannya dari kecil, namun kenyataan bahwa ia tidak dapat terus menjadi seorang gadis kuil setelah beranjak dewasa karena ia merupakan seorang perempuan membuat ia takut dan menghasilkan Ardor Maiden. Shinomiya menggunakan BIC (Brain Implant Chip) untuk berkomunikasi dengan orang lain karena ia pernah mengalami shock akibat melihat kematian kakaknya yang tertimpa kaca besar membuat ia tidak bisa berbicara.

4. Kusakabe Rin

Duel Avatar: Ash Roller
Legiun: Green Grandee

Penjelasan:
Ash Roller, merupakan karakter lama yang sudah ada di serial animenya yang mana adalah musuh pertama dari Silver Crow, murid dari Sky Raker, serta orang yang mengenalkan Silver Crow pada Sky Raker untuk mempelajari Incarnation. Sedangkan Kusakabe Rin adalah Adik perempuan dari Ash Roller, Kakaknya yaitu Ash Roller merupakan seorang pebalap motor yang sedang mengalami coma, sehingga tidak sadarkan diri. Ketika Rin mendownload Brain Burst, ia sedang menggunakan Neuro Linker milik kakaknya, hal ini merupakan kasus special dimana secara teknis Kusakabe Rin adalah pemilik Ash Roller namun yang menggerakannya adalah kakak laki-lakinya, Rin dapat melihat apa yang dilakukan Ash Roller di Accelerated World namun tidak dapat berkomunikasi satu sama lain. Rin merupakan seorang yang memiliki permasalahan kepercayaan diri seperti Arita Haruyuki. Ia juga pernah muncul sebagai Cameo di serial anime episode 24 dan seri OVA ke-2 dimana Rin bertemu dengan Kurasaki Fuuko.

Kusakabe Rin (Kiri) - Ash Roller (Kanan)

5. Metatron

Type: God-Class Enemy


Metatron
Penjelasan:
Metatron, karakter yang tiba-tiba muncul dipertengahan pertarungan dengan musuh utama dari movienya, merupakan satu dari Seven Arcs, Seven Arcs sendiri merupakan 7 Enchanced Armament yang terkenal yang masing-masing merepresentasikan sebuah rasi bintang Ursa Mayor, sedangkan Enchanced Armament merupakan senjata atau perlengkapan yang dapat digunakan Duel Avatar untuk membantu pertarungan. Metatron merupakan penjaga dari rasi bintang The Luminary (Guardian of the Luminary). Awalnya dimiliki oleh Duel Avatar White Cosmos setelah terpikat dan dikendalikan dengan kemampuannya, dan sekaligus menjadi penjaga dari Accelerated Research Society (Penjelasan di Trivia). Namun kini berpartner dengan Silver Crow. Merupakan sebuah program A.I. (Artificial Intelligent) atau kecerdasan buatan yang membuat ia bisa bergerak sesuai keinginannya.

6. Tsukiori Risa

Duel Avatar: ???
Legiun: ???

Penjelasan:
Tsukiori Risa dan Duel Avatarnya
Merupakan karakter orisinal dari movienya, merupakan seorang Burst Linker. Risa mengalami trauma saat mengalami kecelakaan ketika sedang latihan olahraga senam, sesaat sebelum ia jatuh terluka ia melakukan Unlimited Burst ke dalam Accelerated World dan berdiam diri di dunia tersebut karena trauma akibat kegagalannya sehingga ia tidak ingin kembali ke dunia nyata semerntara dirinya di dunia nyata mengalami coma. Saat ia melarikan diri di dunia Accelerated World ia tidak sengaja bertemu dengan Megami Nyx yang membuat ia tertidur lama dan menyebabkan kekacauan di shibuya


7. Megami Nyx

Megami Nyx
Type: God-Class Enemy

Penjelasan:
Merupakan karakter orisinal dari movienya, merupakan antagonis dalam cerita ini, Ia menyebabkan kekacauan di Shibuya sehingga seluruh perangkat elektronik sebagian besar mengalami gangguan dan juga membuat dunia Accelerated World menjadi tempat yang dipenuhi awan hitam yang dapat merusak Duel Avatar dan membuat Accelerated World tertidur selamanya.






TRIVIA (awas spoiler!)

  1. White Cosmos, White King pemimpin legiun Oscillatory Universe, merupakan orang tua (orang yang memberi program Brain Burst) dari Kuroyukihime, ia adalah kakak perempuan dari Kuroyukihime sendiri. Merupakan salah seorang "Originators" dan pemimpin/ketua dari "Accelerated Research Society" dan juga antagonis utama dari cerita ini.
  2. Accelerated Research Society merupakan organisasi misterius yang secara illegal menggunakan Brain Implant Chip untuk masuk ke dalam Accelerated World, markasnya berada di teritorial White Legiun, yaitu Oscillatory Universe
  3. Beberapa anggota Accelerated Research Society yang pernah diketahui di serial animenya adalah: Dusk Taker (Seiji Noumi), Rust Jigsaw, Black Vise[wakil ketua], Sulfur Pot. Sedangkan anggota yang belum diketahui adalah: Argon Array, Wolfram Cerberus dan White Cosmos. Anggota Accelerated Research Society tidak termasuk dalam anggota legiun Oscillatory Universe.
  4. Originators adalah orang-orang generasi pertama yang menggunakan Brain Burst yang mendapatkannya langsung dari pengembangnya tahun 2039, sehingga mereka tidak memiliki orang tua. Hak istimewa seorang Originators adalah dapat merekrut atau memiliki anak lebih dari satu.
  5. Beberapa Originators yang diketahui: Green Grandee (Raja Legiun Hijau), Blue Knight (Raja Legiun Biru), White Cosmos (Raja Legiun Putih, ketua ARS), Black Vise (Wakil ketua ARS), Argon Array (anggota ARS), Chrome Falcon (Program diuninstal), Saffron Blossom (Program diuninstal).



Mohon maaf bila ada kesalahan informasi atau kekurangan kata-kata, silahkan bertanya atau memberi saran di kolom komentar bila ada yang tidak dimengerti. Terima kasih :)

Sumber:
AccelWorld.wikia.com
Google



3 comments: