Friday, January 30, 2015

Fate/Stay Night | Master dan Servant

Setelah beberapa waktu yang lalu menulis tentang Master dan Servant Fate/Zero, kini penulis membahas Master dan Servant dari sekuelnya yaitu Fate/Stay Night (khususnya yang Unlimited Blade Works - 2014).
 
 
 
Sedikit tentang Fate/Stay Night:
Fate Stay/Night adalah sekuel dari Fate/Zero yang menceritakan tentang Holy Grail War yang ke-5. dimana perang ini masih tetap berlangsung di Jepang sama dengan Fate/Zero dimana pemenang Holy Grail War akan mendapatkan hadiah berupa keinginan yang dikabulkan. Mengisahkan tentang siswa SMA bernama Emiya Shirou yang memiliki kemampuan sihir penguat yang berasal dari ayah angkat yang memang seorang penyihir Emiya Kiritsugu (Main Character di Fate/Zero). Suatu hari ia melihat pertarungan hebat antara dua orang di sekolahnya yang berakibat penyerangan terhadap dirinya. Dari sanalah awal mulannya ia bertemu para penyihir dan terpilih sebagai salah satu Master dalam Perang Cawan Suci (Holy Grail War) yang ke-5.
 
Servant-servant yang terdapat dalam Fate/Stay Night
 
Fate/Stay Night juga sama dengan Fate/Zero dimana setiap Master yang bertarung satu sama lain akan memiliki servant yang membantunya dari 7 kelas yang berbeda, namun dalam cerita Fate/Stay Night banyak terjadi Rules Breaker terhadap peraturan Holy Grail War sehingga memunculkan 2 servant tambahan. Berikut Master dan Servant dalam anime Fate/Stay Night tiap kelasnya:

1. Class: Saber (kelas pengguna pedang)
Master: Emiya Shirou
Servant: Arturia Pendragon (Arthur Pendragon) - King Arthur
 
Emiya Shirou, Master dengan Servant kelas Saber
Emiya Shirou adalah Main Character dalam cerita ini, ia merupakan korban dari kehancuran kota Fuyuki akibat Holy Grail War ke-4. Ia merupakan anak angkat dari Emiya Kiritsugu, seorang Master dari Holy Grail War ke-4. Shirou juga belajar sihir dari Kiritsugu, namun karena hanya sedikit yang dipelajari maka kemampuan sihirnya agak diragukan pada awal pertarungannya sampai akhirnya ia bisa sihir proyeksi yang dapat memunculkan senjata. Dalam kiprahnya di Holy Grail War, ia bekerja sama dengan Toshaka Rin yang juga teman sekolahnya untuk menghadapi master-servant lainnya.
 
Arturia Pendragon, Servant kelas Saber
Arthur Pendragon adalah sosok pahlawan yang berasal dari sejarah Inggris (akhir abad ke-5 sampai awal abad ke-6) yaitu "King Arthur" dimana Arthur sendiri terkenal dengan pedangnya yang kuat bernama Excalibur dan merupakan salah satu dari Round Table Knights (Ksatria Meja Bundar). Arturia Pendragon masuk ke dalam kelas Saber karena kemampuannya dalam memainkan pedang. Saber pertama kali muncul adalah dalam Holy Grail War ke-4 (Fate/Zero) dan kini ia kembali menjadi kelas Saber dengan master yang berbeda (Untuk informasi lengkap tentang King Arthur dapat dicari di Wikipedia).



 
2. Class: Archer (kelas pengguna panah atau serangan jarak jauh)
Master: Rin Tohsaka
Servant: Emiya Shirou (dari masa depan)


Rin Tohsaka, sedang melakukan pemanggilan Servant
Rin Toshaka adalah anak dari Tohsaka Tokiomi (Master Archer di Holy Grail War ke-4) yang merupakan keturunan dari 3 penyihir yang memulai Holy Grail War, kemampuan sihir Rin bisa dibilang jauh lebih hebat dibandingkan dengan Emiya Shirou. Dan dalam kiprahnya, ia cenderung bertarung menggunakan sihirnya sendiri dibanding memanggil Servantnya untuk menyerang. Ia bekerja sama dengan Emiya untuk mengalahkan Master-master yang lain yang mana Shirou merupakan teman sekolahnya yang pernah ia selamatkan akibat terserang Lancer.





Emiya Shirou, Servant kelas Archer yang juga
dapat menggunakan senjata pedang

Emiya Shirou adalah sosok pahlawan fiksi yang dibuat dalam cerita Fate/Stay Night dan tidak memiliki sejarah atau mitologi, dll yang sebenarnya. Emiya Shirou yang datang dalam wujud roh pahlawan merupakan karakter dari masa depan. Ia dipanggil oleh Rin dengan katalis berupa kalung yang pernah Rin berikan kepada Emiya Shirou masa kini untuk menyelamatkannya. Walau Emiya Shirou dari masa depan merupakan kelas Archer, ia sendiri cenderung dapat bertarung dengan jarak dekat dengan menggunakan dua belah pedang pendek (pisau?) dan dapat bertarung jarak jauh dengan panahnya.



 
3. Class: Lancer (kelas pengguna tombak)
Master: Bazett Fraga McRemitz
Servant: Cu Chulainn - Blue Spearman of the Wind

Bazett Fraga McRemitz adalah seorang penyihir wanita yang dikirim oleh asosiasi Magus (Mage Association) untuk menjalankan suatu misi dan Master asli dari Lancer. Dalam misinya tersebut ia bertemu dengan Kotomine Kirei dan berteman dengannya setelah menceritakan siapa dirinya kepada Kirei. Setelah mereka berteman Kirei menawarkan Bazett untuk ikut serta dalam dalam Holy Grail War yang ke-5. Bazett yang merupakan seorang penyihir mempercayai Kirei sebagai temannya. Ia pun kemudian melakukan pemanggilan (summoning) servantnya untuk ikut serta dalam Holy Grail War, namun sesaat setelah ia memanggil servantnya ia dikhianati oleh Kotomine Kirei, Kirei melukai Bazett dan memotong tangan kirinya untuk mencuri mantra kendali (Command Spell) milik Bazett untuk menjadi Master atas Lancer. Bazett akhirnya hanya hidup selama 4 hari menjadi Master dan akhirnya meninggal.
Bazett Fraga McRemitz, Master asli Lancer sebelum dikhianati Kotomine Kirei

Cu Chulainn adalah sosok pahlawan dalam kisah mitologi Iris (Irish Mythological) yang muncul dalam kisah-kisah Ulster Cycle. Ia adalah makhluk setengah dewa, merupakan anak dari dewa Lugh dan Deichtine, nama kecilnya adalah Setanta. Ia mendapat nama yang lebih dikenal dengan baik setelah ia tidak sengaja membunuh anjing penjaga seorang ahli pandai besi bernama Culann dan menawarkan diri untuk mengambil tempatnya, sampai penggantinya dapat dipelihara, anjing penjaga tersebut terkenal dengan kekuatannya yang seimbang dengan 10 orang manusia. Dalam kiprahnya di Fate/Stay Night, Ia dipanggil oleh Bazett Fraga McRemitz menggunakan sebuah katalis berupa anting miliknya. Dan setelah Bazett dikhianati oleh Kirei Kotomine, Lancer pun menjadi Servant dari Kirei, mengetahui bahwa Kirei tidak memiliki tujuan memenangkan Holy Grail, Lancer cenderung hanya mengamati/mengintai Master-Servant yang lainnya. (untuk informasi lengkap tentang Cu Chulainn dapat dicari di Wikipedia).
Cu Chulainn, Servant kelas Lancer sedang bersiap menggunakan
Phantasm Noble-nya, Gae Bolg

4. Class: Rider (kelas penunggang)
Master: Shinji Matou
Servant: Medusa


Shinji Matou, Master dari Servant
kelas  Rider

Shinji Matou adalah salah satu keturunan dari keluarga Matou, 1 dari 3 penyihir yang memulai Holy Grail War. Ia merupakan teman satu sekolah dengan Rin Toshaka, Emiya Shirou dan sekaligus kakak dari Sakura Matou. Karakteristik penakut dan kemampuan sihir yang cenderung lemah membuat ia sering dilindungi oleh Servantnya, Rider. Setelah Rider dikalahkan oleh Caster, ia mencari perlindungan ke pihak gereja selaku mediator. Namun karena ketakutan terhadap leluhurnya Zouken Matou karena berhenti dalam Holy Grail War dan mencari perlindungan, ia mendapat kesempatan untuk kembali bertarung menggunakan servant baru yang disediakan oleh pihak gereja.


Medusa adalah sosok dari mitologi yunani, seorang wanita cantik dengan ular dirambutnya. Medusa merupakan satu dari 3 gorgon (makhluk wanita yang menakutkan) yang merupakan anak dari dewa laut kuno Forkis dan adiknya Keto. Diceritakan bahwa kedua gorgon yang lain merupakan makhluk abadi, sedangkan Medusa tidak. Awalnya Medusa adalah wanita cantik biasa namun diperkosa oleh Poseidon di kuil Athena, hal tersebut membuat Athena marah dan mengutuk Medusa sehingga berambut ular dan bagi siapa saja yang melihat dia akan menjadi batu. Dalam cerita Fate/Stay Night, banyak perubahan yang terjadi pada Medusa, seperti ia tidak memiliki ular sebagai rambutnya dan sebagainya. Dan sebagai kelas Rider, Medusa memiliki tunggangan seekor kuda Pegasus putih. (untuk informasi lengkap tentang Medusa dapat dicari di Wikipedia).

Medusa, dengan Pegasus tunggangannya
sebagai bukti kelas Rider


Medusa, tanpa penutup matanya




 
5. Class: Caster (kelas pengguna sihir)
Master: Souichirou Kuzuki
Servant: Medea - Magus from the Ages of Gods
 
Souichirou Kuzuki,
Master dari Servant kelas Caster
Souichirou Kuzuki adalah Seorang guru di sekolah Emiya Shirou dan Rin Toshaka dan bukan seorang penyihir/magus. Ia memiliki masa lalu dimana pada masa kecilnya ia dibesarkan oleh sebuah organisasi yang melatihnya untuk menjadi pembunuh profressional. Seiring berjalannya waktu, ia kehilangan tujuan sebagai seorang pembunuh dan memilih untuk meninggalkan organisasinya. Setelah ia meninggalkan organisasinya, ia pergi ke Kota Fuyuki baru sebelum Holy Grail War ke-5 dimulai. Ia menyamar sebagai seorang guru untuk menutupi pekerjaannya sebagai seorang pembunuh, mata pelajaran utamanya adalah sejarah dunia. Pertemuannya dengan Caster membuat ia merasakan ada sesuatu yang bergerak dalam dirinya. Kiprahnya di Fate/Stay Night menunjukkan ia tidak bersungguh-sungguh dalam mengikuti Holy Grail War dan hanya menuruti apa yang diingini oleh Caster, ketidak sungguh-sungguhannya ini hampir sama seperti yang terjadi pada Emiya Shirou. Souichirou Kuzuki juga merupakan seorang pendeta utama kuil Ryuudou, tempai ia tinggal dan tempat ia pertama bertemu dengan Caster.


Medea, Servant kelas Caster
Medea adalah sosok seorang penyihir wanita dari mitologi Yunani. Ia adalah seorang putri raja Aietes dari Kolkhis, Keponakan Perempuan dari penyihir Circe dan cucu dari dewa matahari, Helios. Kisahnya dimulai sejak pertemuannya dengan seorang pahlawan, Jason yang tiba di Kolkhis yang datang dari Lolkos dimana Medea langsung jatuh cinta kepada Jason dan meminta Jason untuk menikahinya dengan imbalan untuk membantu Jason dalam menjalankan tugasnya untuk mendapatkan bulu domba emas, dan Jason pun menyetujuinya. Namun setelah menolongnya dalam menghadapi berbagai rintangan sampai akhirnya mendapatkan bulu domba emas, Medea akhirnya dikhianati oleh Jason untuk meninggalkannya, setelah Raja Korintus menawarkan Glauke, putrinya. Hal ini yang membuat Medea murka kepada Jason sehingga akhirnya ia meracuni Glauke dan Ayahnya hingga tewas. (untuk informasi lengkap tentang Medea dapat dicari di Wikipedia).

Medea, Mask off
Dalam kiprahnya di Fate/Stay Night, Caster merupakan servant yang dipanggil oleh seorang penyihir Asosiasi penyihir (Mage's Association) sebelum Holy Grail War dimulai. Namun mengetahui tidak adanya ambisi orang tersebut untuk bertarung dalam Holy Grail War dan cenderung hanya ingin menunggu Master-Servant yang lain saling membunuh satu sama lain, Caster akhirnya menyerah pada orang itu. Ia membuat orang tersebut menghabiskan 3 Command Spell yang dimiliki orang tersebut. Namun karena kontrak masih terus terjalin, Caster memilih untuk melanggar aturan dan membunuh Masternya, lalu pergi meninggalkannya. Diambang keadaan tubuhnya  yang akan segera menghilang (lenyap), Ia tersandung didepan Souichirou Kuzuki dan ia pun meminta orang asing yang baru ditemuinya itu untuk membuat kontrak dengannya dan Souichirou pun menerimanya dan menjadi Master barunya.
 
6. Class: Assassin (kelas pembunuh)
Master: Medea (Caster)
Servant: Kojirou Sasaki - Nameless Samurai


Medea (Caster)
Medea disini adalah Medea yang sama sebagai Servant kelas Caster dari Souichirou Kuzuki. Dengan kemampuan sebagai seorang penyihir, ia pun menggunakan kemampuannya dan melakukan Rules Breaker (pelanggaran aturan) untuk melakukan pemanggilan servant dalam Holy Grail War. Dan dari hasil Rules Breaker-nya ini, ia pun menghasilkan servant kelas Assassin dan menjadi seorang Master.

Kojirou Sasaki, Servant kelas Assassin
dengan pedang panjangnya
Kojirou Sasaki adalah sosok pahlawan dari Jepang di tahun 1585 - 1612. Identitas asli dari Kojirou Sasaki adalah sebuah misteri, nama aslinya diperkirakan adalah "Tsuda". Nama aslinya sama sekali tidak diketahui, atau bisa dibilang Ia tidak memiliki nama asli. Ia dikenal sebagai seorang pendekar pedang (Swordsman) dan termasuk salah seorang samurai yang memiliki kemampuan hebat di Jepang yang namun pada akhirnya kalah dalam pertarungan sesama samurai dengan Musashi Miyamoto di pulau Funajima. Musashi Miyamoto pada masa kini dikenal sebagai seorang pendekar pedang/Samurai terkuat dan Kojirou Sasaki menjadi rival utamanya. Kiprahnya di Fate/Stay Night sebagai servant kelas Assassin ia menggunakan sebuah pedang panjang dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan dapat menyeimbangi kemampuan pedang Saber. Pemanggilan kelas Assassin, Kojirou Sasaki dikarenakan Sasaki diperkirakan memiliki hubungan dengan kuil Ryuudou, namun tak ada cara untuk membuktikannya.
 
 

7. Class: Berserker (kelas pengamuk)
Master: Illyasviel Von Einzbern
Servant Herakles - Raging Destroyer

Illyasviel Von Einzbern,
Master dari Servant kelas Berserker

Illyasviel Von Einzbern adalah anak dari Emiya Kiritsugu (Ayah angkat dari Emiya Shirou) dan Irisviel Von Einzbern. Ia dan Ibunya merupakan keturunan dari keluarga Einzbern, 1 dari 3 penyihir yang memulai Holy Grail War. Illyasviel merupakan seorang Homunculus (manusia buatan yang diciptakan melalui penerapan sihir ke sel sperma), yang berasal dari sel sperma Emiya Kiritsugu, yang menjadikan Kiritsugu sebagai Ayah biologisnya dan  menggunakan rahim dari Irisviel yang menjadikan Irisviel sebagai Ibu biologisnya. Dengan kematian Ibunya paad Holy Grail War ke-4 dan diabaikan oleh sang Ayah, membuat Illyasviel marah kepada Kiritsugu yang juga berdampak kepada Shirou. (Catatan: Illyasviel memiliki usia yang lebih tua dari Emiya Shirou sehingga Emiya bisa dianggap sebagai adik dari Illyasviel).




Perjumpaan Illyasviel (kanan) dengan Berserker (kiri)
Herakles adalah sosok pahlawan yang berasal dari mitologi Yunani (Hercules dalam mitologi Romawi). Herakles merupakan manusia setengah dewa dan juga pahlawan terbesar Yunani. Dalam banyak kisah diceritakan bahwa Herakles adalah  anak dari hubungan gelap dewa Zeus dengan seorang wanita bernama Alkmene. Awalnya, nama Herakles adalah Alkides atau Alkaeus namun untuk menyenangkan dewi Hera yang marah karena suaminya Zeus berselingkuh maka orang tuanya mengganti namanya menjadi Herakles yang artinya "Kejayaan Hera" atau "Berjaya melalui Hera". Herakles dikenal dengan petualangan-petualangannya yang hebat dan sebagai pahlawan yang banyak menolong warga Yunani menghadapi monster-monster. Dalam kiprahnya di Fate/Stay Night ia merupakan sosok yang sangat kuat terutama dalam pertahanan dan dapat menahan berbagai phantasm noble milik servant lain. Pemanggilan Herakles oleh Illyasviel menggunakan katalis berupa lempengan batu dari sebuah kuil. (untuk informasi lengkap tentang Herakles dapat dicari di Wikipedia).
Illyasviel (tengah) dengan kedua orang tuanya, Emiya Kiritsugu (kiri) dan Irisviel Von EinzBern (kanan)


Servant Kelas Tambahan:
Seperti yang telah dijelaskan di atas, kelas tambahan muncul karena adanya beberapa peraturan Holy Grail War yang dilanggar (Rules Breaker). Berikut servant tambahan akibat Rules Breaker dalam Fate/Stay Night.

1. Class: Archer II
Master: Kirei Kotomine
Servant: Gilgamesh - King of Heroes
Penyebab kemunculan: Gilgamesh (Archer) ini muncul dalam Fate/Stay Night bahkan sebelum Holy Grail War yang ke-5 dimulai. Gilgamesh sebenarnya adalah Servant Archer dari Holy Grail War ke-4 yang belum mati (tidak menghilang) setelah Holy Grail War ke-4 usai. Awalnya ia merupakan servant dari Toshaka Tokiomi, namun Tokiomi dibunuh oleh Kotomine Kirei kemudian Gilgamesh berpindah Master dari Tokiomi menjadi Kirei atas kesepaktan antara Gilgamesh dan Kirei.

Kirei kotomine, pihak mediator dari gereja
Kirei Kotomine adalah seorang penyihir yang pernah ikut berpartisipasi dalam Holy Grail War ke-4 sebagai Master dari kelas Assassin, kiprahnya di Fate/Stay Night adalah sebagai pihak mediator (penengah) dari gereja dalam Holy Grail War ke-5. Dalam Holy Grail War ke-4, setelah Servant-nya Assassin dikalahkan, dan ia keluar dari peperangan tersebut, secara tiba-tiba ia kembali dipilih oleh Cawan Suci (Holy Grail) untuk kembali menjadi seorang Master, dan setelah mengkhianati dan membunuh Toshaka Tokiomi, Ayah dari Rin Toshaka, ia pun menjadi menjadi Master atas servant Tokiomi yaitu Gilgamesh (Archer) sampai ke Holy Grail War ke-5.

Gilgamesh/Archer (kanan) bersama Masternya di Holy Grail War ke-4
Tohsaka Tokiomi (kiri)

Gilgamesh adalah sosok pahlawan dari mitologi Mesir. Seorang manusia setengah dewa, raja Uruk, Mesopotamia dan dikenal juga sebagai Raja para Pahlawan baik di Bumi maupun di langit. Dalam Fate/Stay Night Gilgamesh (Archer) berasal dari pemanggilan di Holy Grail War ke-4 yang bertahan sampai datangnya Holy Grail War ke-5, jadi Gilgamesh ini adalah Gilgamesh yang sama dengan yang di Fate/Zero. (untuk informasi lengkap tentang Gilgamesh dapat dicari di Wikipedia).

2. Class: Assassin II
Master: Zouken Matou
Servant: Hassan-I Sabbah - The Old Man from the Mountain (True Assassin)
Penyebab kemunculan: Assassin ke-2 ini muncul dikarenakan oleh Caster yang melakukan pemanggilan servant Assassin. Karena pada dasarnya hanya seorang Master yang dapat memanggil servant. Namun Caster yang merupakan servant kelas sihir dan dengan kekuatannya ia dapat memanggil servant dan melanggar aturan dari Holy Grail War sendiri. Sehingga Holy Grail War memilih Master dan Servant Assassin baru. Kelas Assassin yang ke-2 ini muncul dalam Fate/Stay Night rute Heaven's Feel.

Zouken Matou, Master dari Servant kelas Assassin kedua
yang menggatikan Assassin Rules Breaker
Zouken Matou adalah satu dari 3 penyihir yang memulai Holy Grail War. Ia juga dikenal dengan nama Makiri Zolgen. Ia diperkirakan telah hidup selama 500 tahun sampai ke Holy Grail War ke-5 dan tidak bisa mati, karena tubuhnya terbuat dari Magical Worm (cacing sihir/crescent worm). Dan teknik sihir pengimplan serangga (Cresent Worm) merupakan teknik khusus yang hanya dimiliki oleh keturunannya, yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan sihir seseorang. Dimana dalam Holy Grail War ke-5, teknik ini digunakan pada Sakura matou yang merupakan keturunan angkatnya dari keluarga Toshaka. dalam Fate/Stay Night rute Heaven's Feel, Cawan suci memilih Zouken Matou sebagai Master baru dan dapat melakukan pemanggilan terhadap servant kelas Assassin untuk menggantikan Master-Servant Rules Breaker, Medea/Caster (Master) - Kojirou Sasaki/Assassin (Servant).


Hassan-I Sabbah (True Assassin), Servant kelas Assassin kedua pengganti
Assassin Rules Breaker
Hasan-I Sabbah merupakan sosok pahlawan dari Persia pada tahun 1050-an - 1124. Ia mendirikan kelompok pembunuh bayaran di Irak dan daerah sekitarnya yang di beri nama Al-Hasyasyiin yang nantinya nama itu di serap ke dalam bahasa Inggris sehingga muncul istilah Assassin, dan karena itu pula kelompok Hasan-I Sabbah ini sebagai disebut sebagai True Assassin. Nama Assassin sendiri menjadi katalis untuk pemanggilan servant kelas ini. Kiprahnya dalam Fate/Stay Night adalah sebagai Servant dari Matou Zouken , tidak seperti Kojirou Sasaki yang muncul sebagai Assassin karena hubungannya dengan kuil Ryuudou, pemanggilan Hassan-I Sabbah tidak disertai katalis khusus selain dari namanya.
 
Sebelumnya:
 
Sumber-sumber:
 

26 comments:

  1. Sedih banget pas eps trahirnya. Huuh terharu ngeliat nya

    ReplyDelete
  2. Kok masternya lancer ga pernah dijelasin ya di fate stay night/unlimited work

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mati duluan sebelum Fate SN / UBW nya mulai

      Delete
    2. Untuk lebih jelasnya emang g ada di fate stay night, tapi knp bisa di ketahui sama admin? Ya karna di fate lainnya tu master muncul cuma kaya puzzel hilang jadi cuma bisa di cocok logi aja... Untuk lebih jelas tentang master lancer yg sering muncul ada di fate kalied prisma illyasviel(tapi bkn dg lancer muncul nya karna holy grillnya beda jadi liat sendiri) dan yg kedua ada di phantoms paride, di sana ada holy grill juga tapi yg ini khusus anime komedi jadi jangan terlalu di pikirkan dg holy grill nya jadi begitu

      Delete
  3. animenya bener-bener menarik, debest lah. bagi yang butuh filenya ambil disini http://www.meongs.net/fatezero-bd-s2-subtitle-indonesia.html

    ReplyDelete
  4. makasih bro atas oencerahannya...

    ReplyDelete
  5. fate yg baru ada hubungannya g ya? apa beda jalan cerita

    ReplyDelete
  6. Mantap kanapa iri harus mati, sungguh disayangkan,,,,,,,,aaaahhhhh anime kejam aku kasih reting 9 lah sayang gk 10 iri sama launcer di buat mati, aaahhhhhh

    ReplyDelete
  7. Kalau yg nyeritain perang cawan suci ke 1 sampai 3 ada gak

    ReplyDelete
  8. Pantes gue bingung, ini 7 class kok banyak amat

    ReplyDelete
  9. Gilgamesh itu babylonia (irak) bukan mesir klo mesir itu ozymandias ( ramses II / Fir'aun laknat)

    ReplyDelete
  10. Salah itu, di fate stay night masternya lancer tu kotomine kirei, dia pengadil tapi malah ikutan

    ReplyDelete
  11. Informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Kemunculan ass ke-2 itu kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah muncul di fate stay night heaven Fell III -Sprit song

      Delete
  13. Di fate Heaven's feel bro

    ReplyDelete
  14. Ketinggalan berapa tahun gua wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama wkwk, baru mau mulai nonton jadi baca baca dulu biar ngerti

      Delete
  15. Bukannya Kirie itu masternya Assasin(Hassan-I Sabbah)? Masternya Archer(Gilgamesh) kan ayahnya Rin, Tohsaka Tokiomi tapi si Archer (Gilgamesh) berkhianat tanpa sepengetahuan si Tokiomi. Cmiiw

    ReplyDelete
  16. makanya nonton zero dulu baru fate stay night biar nyambung.. truz baru fate season 3

    ReplyDelete