Friday, January 2, 2015

Fate/Zero | Master dan Servant

Fate/Stay Night dan Fate/Zero adalah 2 dari sekian seri yang cukup populer dalam Fate Series buatan Type-MOON



Fate/Zero merupakan Prekuel dari Fate/Stay Night yang menceritakan tentang Holy Grail War (Perang Cawan Suci) yang ke-4

sedangkan Fate/Stay Night yang merupakan Sekuelnya menceritakan tentang Holy Grail War yang ke-5

Jika diamati dengan baik kedua cerita menyambung satu sama lain dengan sangat epik dan yang manapun kita tonton terlebih dahulu kita tetap akan mengerti bagaimana jalan ceritanya, sehingga tidak diwajibkan harus menonton Fate/Zero terlebih dahulu sebelum Fate/Stay Night ataupun sebaliknya.

Kali ini penulis akan membahas tentang perbandingan antara Master dan Servant di antara Fate/Stay Night dan Fate/Zero berikut ulasannya:

1. Master dan Servant
Fate/Zero
dari kiri ke kanan per Class: Saber, Lancer, Archer, Rider, Caster, Assassin, Berserker
 

A. Class: Saber (kelas pengguna pedang)
Master: Emiya Kiritsugu
Servant: Arturia Pendragon (Arthur Pendragon) - King of Knights (Raja para Ksatria)

Emiya Kiritsugu merupakan seorang penyihir yang bergabung dalam Holy Grail War dengan membela keluarga penyihir Einzbern dan dalam kiprahnya ia di bantu oleh istrinya, Irisviel von Einzbern untuk mendampingi Saber dalam pertarungan dan Maiya Hisau sebagai asisten penyerangannya. Kiritsugu cenderung melakukan penyerangan yang penuh dengan taktik dan lebih memilih mengamati musuh dalam bayangan dengan mencari kesempatan untuk membunuh Master musuh secara langsung menggunakan sniper dan jarang menggunakan sihirnya. Di akhir cerita Fate/Zero Emiya Kiritsugu yang sudah mengalami kegagalan untuk menyelamatkan dunia, akhirnya bertemu Emiya Shirou yang ditolongnya pada musibah akibat Holy Grail War dan diangkat menjadi anaknya dan dilatih sihir.
Emiya Kiritsugu menggunakan senjata sniper dalam mengeliminasi Master lawan
 
Arturia Pendragon adalah sosok pahlawan yang berasal dari sejarah Inggris yaitu "King Arthur" dimana Arthur sendiri terkenal dengan pedangnya yang kuat bernama Excalibur dan merupakan salah satu dari Round Table Knights (Ksatria Meja Bundar). Arturia Pendragon masuk ke dalam kelas Saber karena kemampuannya dalam memainkan pedang. (Untuk informasi lengkap tentang King Arthur dapat dicari di Wikipedia)
Arturia Pendragon, Servant kelas Saber
 


Maiya Hisau, Tokoh yang membantu Kiritsugu dalam penyerangannya

Irisviel Von Einzbern, Istri dari Emiya Kiritsugu, penyihir yang mendampingi Saber dalam pertarungan, seorang Homunculus, perwakilan dari keluarga penyihir Einzbern dan Ibu dari Ilyasviel Von Einzbern yang kemudian menjadi Master dalam Fate/Stay Night



B. Class: Lancer (kelas pengguna tombak)
Master: Kayneth Archibald El-Melloi
Servant: Diarmuid O'Dyna (Diarmuid Ua Dubinhe) - Knight of Fianna (Ksatria dari Fianna)

 
Kayneth El-Melloi Archibald,
Master kelas Lancer
Kayneth Archibald El-Melloi adalah seorang Magus/Ahli sihir dan merupakan seorang guru sihir di sebuah Asosiasi penyihir (Mage Association) di Inggris, pada awal keikutsertaannya dalam Holy Grail War, ia berencana untuk memanggil kelas rider karena telah memiliki katalisnya, namun karena katalis tersebut dicuri maka pemanggilan yang dilakukan akhirnya mendapat kelas lain yaitu kelas Lancer. Kayneth merupakan guru dari Waver Velvet (salah satu master di Fate/Zero) dan merupakan tunangan dari Soal-Ui Nuada-Re Sophia-Ri yang nantinya menggantikan Kayneth sebagai Master atas Lancer.






 

 
Diarmuid O'Dyna dikenal juga sebagai Diarmuid of the Love Spot karena ketampanan wajahnya yang dapat menaklukan wanita. ia adalah sosok pahlawan yang berasal dari Mitologi Irish. Dalam mitologinya Diarmuid terkenal dengan kisah cintanya dengan Grainne, istri dari Fionn Mac Cumhail (Fionn MacCool/Fionn MacCoul) yang merupakan pemimpin Fianna. Di samping menggunakan tombak Diarmuid juga dapat bermain pedang, namun karena kelas Saber telah terisi, ia masuk ke dalam kelas Lancer, menggunakan kedua tombaknya, Red Spear dan Yellow Spear-nya yang masing-masing memiliki noble phantasm-nya. (Untuk informasi lengkap Diarmuid O'Dyna dapat dicari di Wikipedia)


Sola-Ui, merupakan tunangan dari Kayneth dan Master pengganti atas Lancer

Penggambaran kisah cinta Diarmuid O'Dyna (kanan) dan Grainne (Kiri)
 

C. Class: Archer (kelas pengguna panah atau serangan jarak jauh)
Master: Tohsaka Tokiomi
Servant: Gilgamesh - King of Heroes (Raja para Pahlawan)

Tohsaka Tokiomi,
Master kelas Archer


Tohsaka Tokiomi merupakan penyihir yang kuat dari perwakilan keluarga Tokiomi, ayah dari Tohsaka Rin dan Matou Sakura. Dalam kiprahnya di Fate/Zero ia sudah merencanakan untuk memanggil servant yang terkuat dan akhirnya keluarlah Gilgamesh sebagai Servantnya. Namun sekalipun sebagai seorang Master terkadang Tokiomi tidak dapat memaksakan kehendaknya pada Gilgamesh karena keangkuhan Gilgamesh sebagai seorang Raja.


Gilgamesh,
Servant kelas Archer
Gilgamesh merupakan sosok pahlawan dalam Mitologi Mesir (tepatnya puisi Mesopotamia) dan merupakan karakter utama dalam Epic of Gilgamesh. Gilgamesh merupakan makhluk setengah manusia dan setengah dewa (Half-human, half-god). dan merupakan raja Uruk, Mesopotamia yang hidup antara tahun 2800 BC - 2500 BC. Gelarnya sebagai Raja para Pahlawan bukan berarti ia adalah raja dan seorang pahlawan, melainkan Raja para Pahlawan berarti Raja atas semua pahlawan yang ada di dunia. Ia adalah satu-satunya raja yang dimahkotai sebagai Raja para Pahlawan baik di bumi maupun di langit. (Untuk informasi lengkap Gilgamesh dapat dicari di Wikipedia)



Rin Tohsaka (kiri) dan Sakura Matou (kanan) saat masih anak-anak dalam Fate/Zero, keduanya adalah anak dari Tohsaka Tokiomi, yang akan menjadi Master di Fate/Stay Night pada Holy Grail War ke-5.

 


 
D. Class: Rider (kelas penunggang) 
Master: Waver Velvet
Servant: Alexander the Great (Iskandar the Great) - King of Conquerors (Raja Penakluk)

Waver Velvet adalah seorang pelajar/murid dalam akademi sihir di Inggris. Ia adalah salah satu murid yang di ajar oleh Kayneth Archibald El-Melloi. Ia mendapat diskriminasi dari Kayneth karena ia merupakan penyihir generasi ke-3 dari leluhurnya, sementara berdasarkan pendapat Kayneth bahwa semakin tinggi generasi seorang penyihir semakin kuatlah penyihir tersebut. Sejak saat itu Waver berusaha menjadi penyihir yang lebih kuat sampai suatu kesempatan ia berhasil mengambil katalis untuk pemanggilan sevant dalam Holy Grail War yang awalnya adalah milik Kayneth. Setelah mencuri katalis ia pun pergi ke Jepang untuk berpartisipasi dalam Holy Grail War.
Waver Velvet bersama dengan kotak yang berisi katalis
untuk memanggil Rider
 
Rider bersama dengan banteng tunggangannya yang
menunjukkan statusnya sebagai servant kelas Rider
Alexander the Great merupakan sosok pahlawan yang terkenal karena hampir menaklukan dunia saat usianya masih muda. Ia berasal dari Macedonia di tahun 356 - 323 SM dan merupakan murid dari Aristotles. Alexander the Great juga dikenal karena sikapnya yang terhormat, bagaimana ia menaklukan suatu negeri tanpa mempermalukannya. Hal inilah yang membuat kerajaannya yang membentang diseluruh dunia bisa utuh pada masa kepemimpinan dan kesetiaan para prajuritnya. Dalam Fate/Zero Alexander the Great digambarkan memiliki tubuh yang besar, kekar dan tinggi, namun dalam sejarah asli yang ternyata Alexander the Great dikatakan memiliki tubuh yang cenderung pendek, dan perbedaan ini pun sempat disinggung Waver dalam animenya. Ia menjadi kelas penunggang karena menunggang kereta banteng namun dalam kisah aslinya ia dilukis dengan menunggang seekor gajah. (Untuk informasi lengkap Alexander the Great dapat dicari di Wikipedia)
 
E. Class: Caster (kelas pengguna sihir)
Master: Uryuu Ryuunosuke
Servant: Gilles de Rais - Serial Killer of Children (Pembunuh Berantai Anak-anak)
 
Adegan saat Rin Tohsaka (kiri) menghadapi Uryuu Ryuunosuke (kanan)
untuk mengatasi kasus penculikan anak-anak
Uryuu Ryuunosuke adalah satu-satunya Master yang tidak berhubungan sama sekali dengan penyihir dalam Fate/Zero. Ia merupakan seorang pembunuh berantai anak-anak dan sama sekali bukan penyihir, sampai suatu hari saat ia sedang melakukan pembunuhannya ia menemukan buku tentang cara memanggil servant. Ia dipilih oleh Holy Grail (Cawan Suci) sebagai pelengkap agar jumlah Master genap menjadi tujuh. Kepribadian Ryuunosuke bisa dibilang seperti seorang psikopat, dalam kiprahnya di Holy Grail War ia bersama servantnya melanggar aturan Holy Grail War agar tidak menyerang manusia biasa (Rule Breaker) sehingga Master lain pun diperintahkan oleh Gereja untuk memprioritaskan pembunuhan Caster.
 
Adegan saat Caster menggunakan sihirnya untuk
menghipnotis dan menculik anak-anak
 Gilles de Rais adalah sosok pahlawan yang berasal dari tahun 1405 - 1440. Awalnya ia adalah pemimpin pasukan Perancis dan paling dikenal sebagai tangan kanan dari Joan of Arc. Setelah kematian Joan of Arc, Gilles de Rais kemudian dikenal sebagai seorang pembunuh berantai anak-anak. Sampai kasusnya terbukti dari segala tuduhan yang ada Gilles de Rais hanya menolak satu tuduhan dimana ia mengatakan bahwa ia membunuh anak-anak bukan untuk melakukan penyembahan kepada setan. Gilles de Rais merupakan inspirasi dari dongeng (fairy tale) tahun 1697 yang berjudul Bluebeard karangan Charles Perrault. Dalam kiprahnya di Holy Grail War, Gilles de Rais yang merupakan kelas Caster secara tidak langsung berubah menjadi seorang penyihir dan memiliki ambisi yang sama dengan Masternya, ia juga sering salah mengira Saber adalah Joan of Arc. (Untuk Informasi lengkap tentang Gilles de Rais dapat dicari di Wikipedia)

Joan of Arc, Caster sering menganggap bahwa Saber adalah dia

 
F. Class: Assassin (kelas pembunuh)
Master: Kirei Kotomine
Servant: Hasan-I Sabbah - Old Man of the Mountain (Pria Tua dari Gunung)/True Assassin
 
Kotomine Kirei dengan senjata pedangnya
Kirei Kotomine adalah seorang penyihir dan merupakan anak dari pengawas Holy Grail War ke-4, Kotomine Risei. Sikapnya cenderung dingin dan tidak memiliki ketertarikan terhadap sesuatu terutama kesenangan, Debutnya dalam Holy Grail War adalah untuk membantu Tohsaka Tokiomi mendapatkan Holy Grail. Kerja sama yang telah dimulai bahkan sebelum Holy Grail War dimulai menjadikan Assassin sebagai mata-mata untuk Tohsaka Tokiomi. Namun pemikiran Kirei berubah ketika  ia berdiskusi dengan Gilgamesh (Archer) tentang kesenangan hidup akhirnya Kirei terpilih kembali sebagai seorang Master meskipun servantnya telah mati dan ia mengambil Gilgamesh sebagai servantnya dan mengkhianati Tokiomi.
 

Servant Assassin, kelompok True Assassin,
yang di pimpin Hassan-I Sabbah
Hasan-I Sabbah merupakan sosok pahlawan dari Persia pada tahun 1050-an - 1124. Ia mendirikan kelompok pembunuh bayaran di Irak dan daerah sekitarnya yang di beri nama Al-Hasyasyiin yang nantinya nama itu di serap ke dalam bahasa Inggris sehingga muncul istilah Assassin, dan karena itu pula kelompok Hasan-I Sabbah ini sebagai disebut sebagai True Assassin. Nama Assassin sendiri menjadi katalis untuk pemanggilan servant kelas ini. Kiprahnya dalam Holy Grail War adalah menjadi mata-mata dari Tokiomi Tohsaka. Dan dalam pemanggilannya assassin muncul dengan beberapa pembunuh sekaligus (dalam artian tidak hanya Hasan-I Sabbah sendiri). (Untuk informasi lengkap Hassan-I Sabbah dapat dicari di Wikipedia) 




Kotomine Risei, Mediator dari pihak gereja dalam Holy Grail War ke-4, setelah kematiannya akibat di bunuh, Tugas Mediator jatuh kepada anaknya yaitu Kotomine Kirei

G. Class: Berserker (kelas pengamuk/serangan brutal)
Master: Matou Kariya
Servant: Lancelot of the Lake (Sir Lancelot) - Knight of Round Table (Ksatria Meja Bundar)/Mysterious Black Knight (Ksatria Hitam Misterius)

Penampilan Matou Kariya sebelum melakukan
latihan sihir dengan implan serangga
Matou Kariya adalah keturunan dari Zouken Matou dimana Zouken Matou adalah leluhur dari keluarga Matou, satu dari tiga keluarga yang memulai Holy Grail War. Kisah Kariya bermula dari kekecewaan Zouken kepada anaknya dan keturunannya Byakuya Matou dan Shinji Matou, yang akhirnya memaksakan Kariya agar menjadi penerusnya dalam berpartisipasi di Holy Grail War. Kariya memiliki teman masa kecil yang bernama Aoi Zenjou. Melihat potensi kemampuan sihir dari keluarga, Zouken berusaha untuk mendekatkan Kariya dengan Aoi agar mendapatkan keturunan yang kuat, mengetahui apa yang dilakukan Zouken, Kariya pun memilih untuk meninggalkan keluarga Matou dan Aoi agar Aoi tidak terlibat dalam rencana Zouken.
Setelah pergi dari keluarga Matou ia menjadi seorang penulis freelancer. Namun setelah kembali dari kepergiannya ia mengetahui bahwa Aoi sudah menikah dengan Tokiomi Tohsaka dan memiliki 2 orang anak penyihir yang kuat. Dan Zouken Matou mengadopsi salah satu anak tersebut agar berpartisipasi dalam Holy Grail War yaitu Sakura yang menjadi Sakura Matou. Kariya yang tidak dapat menerima hal itu lalu kembali ke keluarga Matou dan menggantikan Sakura, ia pun harus menjalani latihan selama 1 tahun dengan mengimplan "Crest Worm" ke dalam tubuhnya untuk mendapat kekuatan sihir yang dapat memanggil servant.
 

Penampilan Matou Kariya setelah melakukan
latihan sihir dengan implan serangga
Lancelot of the Lake adalah sosok pahlawan yang berasal dari Legenda King Arthur (Arthurian Legend) dan merupakan salah satu Ksatria meja bundar (Knights of the Round Table). Ia merupakan ksatria terbaik dalam pasukan Arthur, kisahnya yang paling terkenal adalah kisah cintanya dengan istri Arthur yaitu Guinevere yang menjadi inspirasi untuk kisah cinta Diarmuid O'Dyna dengan Grainne. Kiprahnya dalam Holy Grail War sebagai kelas pengamuk diawali dengan Mysterious Black Knight yang tidak diketahui identitasnya. Lancelot cenderung hanya bisa diperintahkan dengan Eja Command oleh Kariya. (Untuk mencari informasi lengkap tentang Lancelot of the lake dapat dicari di Wikipedia)

Berserker ( Lancelot of the Lake ) mask off



Berserker ( Lancelot of the Lake ) mask on





Aoi Zenjou/Aoi Tohsaka (Setelah menikah dengan Tohsaka Tokiomi), merupakan Ibu dari Rin Tohsaka dan Sakura Matou, teman masa kecil Kariya Matou
 
Makiri Zolgen, salah satu dari tiga penyihir yang memulai Holy Grail War, mengganti namanya menjadi Makiri Zouken, merupakan leluhur dari keluarga Matou yang masih hidup selama 500 tahun sampai Holy Grail War yang ke-5 dikenal juga dengan nama Matou Zouken dan diketahui tidak dapat mati karena tubuhnya terbuat dari "Magical Worm" (cacing sihir/ crescent worm)

Selanjutnya:
Master dan Servant Fate/Stay Night
Perbandingan Antar Master dan Servant dalam Holy Grail War ke-4 dan ke-5

BONUS:

Ending 1 (tv size) Fate/Zero - Memoria by Aoi Eir






Sumber-Sumber:
https://www.google.co.id
http://typemoon.wikia.com
https://www.youtube.com/
http://en.wikipedia.org
 

6 comments:

  1. artikelnya komplit amat, enak dibaca lagi. :)

    ReplyDelete
  2. animenya bener-bener menarik, debest lah. bagi yang butuh filenya ambil disini http://www.meongs.net/fatezero-bd-s1-subtitle-indonesia.html

    ReplyDelete
  3. Keren nih artikelnya. Urut. Lengkap. Jd ngerti alur fate zero. Makasih yak

    ReplyDelete
  4. Artikel ini mudah dipahami , komplit

    ReplyDelete
  5. Salah satu anime favorit saya karena menggabungkan unsur sejarah sejarah dunia dengan isekai secara rapi.. the best

    ReplyDelete