Wednesday, July 8, 2015

Monogatari Series | Sinopsis dan Review Anime Seri Monogatari: Bakemonogatari & Nisemonogatari


Setelah Sebelumnya membahas tentang Urutan dari keseluruhan Seri Monogatari, Berikut Sinopsis dari kedua pertama Seri Monogatari yang tayang sebagai Anime.

BAKEMONOGATARI

Bakemonogatari adalah seri paling awal dari keseluruhan seri monogatari yang sudah perrnah dirilis menjadi Anime berdasarkan tanggal tayang. Jadi ini adalah seri penentu kesan awal terhadap keseluruhan Monogatari Series.

Bakemonogatari, Bake = Hantu, Monter, dan sejenisnya. Monogatari = Cerita. Seperti judulnya yang secara gamblang bisa kita artikan sebagai "Cerita Hantu". Sebelum memasuki ceritanya, berikut para karakter yang akan muncul dalam Bakemonogatari:
Kiri ke Kanan: Tsubasa Hanekawa, Sengoku Nadeko, Araragi Koyomi, Senjougahara Hitagi, Kanbaru Suruga,
di bawah Araragi: Hachikuji Mayoi
Oshino Shinobu/Kiss-shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade (kiri) dan
Oshino Meme (kanan)
Seperti yang terlihat di atas, dimana kita tahu bahwa Araragi adalah seorang Harem King dikelilingi banyak wanita, namun Bakemonogatari bukanlah Anime seperti itu. Isi cerita Bakemonogatari terdiri dari beberapa bagian cerita atau yang biasa bisa disebut dengan Arc. Setiap Arc yang ada akan bersangkutan dari satu cerita ke cerita lainnya. Karena Bakemonogatari adalah "Cerita Hantu" maka, Arc yang terdapat di dalamnya juga akan berhubungan dengan hantu atau kai atau yang lainnya. Berikut Arc-arc yang ada di Bakemonogatari dan cerita singkatnya:

1. HITAGI CRAB

Arc Hitagi Crab diawali dengan sedikit cuplikan dari Kizumonogatari yang menceritakan awal mula keadaan yang menimpa Araragi Koyomi yang seorang manusia biasa akhirnya berubah menjadi vampir setengah manusia.

Senjougahara Hitagi bertemu dengan "kai" berwujub "Crab (kepiting)"
Setelah sedikit cuplikan Kizumonogatatri berakhir, Araragi yang kembali menjalani hidupnya sebagai manusia biasa tiba-tiba bertemu dan menangkap seorang gadis yang sedang jatuh saat Araragi sedang menaiki tangga, gadis itu tidak lain dan tidak bukan adalah Senjougahara Hitagi, Namun ada yang aneh ketika Araragi menangkap Senjougahara, karena Senjougahara terlalu ringan. Singkat cerita, akhirnya Araragi yang ingin menolong Senjougahara meminta bantuan Oshino Meme yang merupakan ahli "Kai", dan diketahuilah bahwa yang kejadian aneh terjadi pada Senjougahara disebabkan oleh sebuah Kai yaitu "Dewa Kepiting".

2. MAYOI SNAIL

Arc Mayoi Snail mengambil kejadian beberapa waktu setelah Hitagi Crab yaitu pada Hari Ibu (versi Jepang, yaitu pekan kedua di bulan Mei). Cerita bermula saat Araragi yang pada hari Ibu memilih pergi keluar dan tidak merayakan hari Ibu bersama keluarganya. Kepergiannya pada hari itu membuat hubungannya dengan kedua adiknya, Araragi Karen (Adik pertama) dan Araragi Tsukihi (Adik kedua) menjadi buruk. Sesampai disebuah taman Araragi berhenti dan mulai merenung sampai akhirnya ia bertemu dengan Senjougahara. Setelah mereka mengobrol beberapa lama, tiba-tiba pandangan Araragi tertuju seorang anak SD yang kelihatan tersesat, anak itu adalah Hachikuji Mayoi.
Hachikuji Mayoi
Setelah melalui percakapan panjang akhirnya Araragi memutuskan untuk membantu Hachikuji menuju tempat yang ia cari, dan dipandu oleh Senjougahara. Namun setelah lama mencari, tempat yang ingin dituju tidak kunjung ditemukan dan seakan mereka tersesat. Karena kebingungan akhirnya mereka kembali ke taman yang semula, dan berpikir untuk meminta bantuan kepada Oshino Meme karena ditakutkan ada hubungan dengan "Kai". Akhirnya Senjougahara memilih untuk menuju pergi ke tempat Oshino dibandingkan harus tinggal dengan Hachikuji berduaan. Namun setelah itu, setelah mengetahui sesuatu dari Oshino. Akhirnya diketahuilah bahwa Anak SD itu, Hachikuji Mayoi, tidak terlihat di mata Senjougahara dan hanya dapat dilihat oleh Araragi dan Hanekawa, yang kebetulan melewati taman itu saat Senjougahara pergi.
Dalam Arc ini, hubungan antara Araragi dan Senjougahara mengalami peningkatan.

Araragi Karen (kiri) dan Araragi Tsukihi (kanan)

3. SURUGA MONKEY

Suatu pagi Araragi sedang berjalan dengan sepedanya ke sekolah dan bertemu dengan Hachikuji, setelah beberapa saat mengobrol, tiba-tiba datang seorang gadis yang berlari dengan kencang, tidak lain dan tidak bukan adalah Kanbaru Suruga, Junior dari Araragi dan Senjougahara di SMA, setelah sedikit berbincang tentang tangan Kanbaru yang ditutupi perban, Kanbaru pun langsung melanjutkan larinya itu. Malam harinya Araragi pergi ke rumah Senjougahara untuk melakukan belajar bersama. Namun saat perjalanan pulang ia dicegat oleh seseorang berjas hujan kuning dan dihajar habis-habisan sampai akhirnya orang itu pergi dan Araragi ditolong oleh Senjougahara.

Karena melihat ada kemiripan perban antara orang berjas kuning itu dengan perban pada Kanbaru, Araragi pun memastikan langsung dengan menanyakan kepada Kanbaru, dan akhirnya setelah mengetahui kebenarannya itu. Araragi membawa Kanbaru kepada Oshino Meme untuk menyelesaikan masalah "Kai"-nya itu. Semula Kai yang ada di tangan Kanbaru dikira sebagai "Kaki Monyet" namun itu sebenarnya adalah "Setan Hujan", Kai yang mengabulkan permohonan tuannya dengan cara apapun, dan keinginan Kanbaru adalah untuk bersama Senjougahara (YURI Detected) dan untuk mengabulkannya itu, Araragi yang belakangan ini dekat dengan Senjougahara akan disingkirkan. Maka dari itu Oshino Meme memberikan dua pilihan antara mengamputasi tangan Kanbaru atau Berduel hidup-mati dengan Araragi, karena jika "Setan Hujan" tidak berhasil mengalahkan Araragi untuk mengabulkan keinginan Kanbaru, kontraknya akan hilang. Araragi memutuskan untuk memilih berduel dibandingkan mendengarkan pendapat Kanbaru, dan terjadilah duel Kanbaru dengan Setan Hujan-nya melawan Araragi yang setengah vampir,
Duel antara Araragi dan Kanbaru (yang bisa dibilang "sadis")

4. NADEKO SNAKE

Setelah kejadian Suruga Monkey selesai, beberapa waktu kemudian Araragi dimintai tolong oleh Oshino, untuk menempelkan sebuah jimat di Kuil Kita-Shirahebi (Shirahebi-Utara; hebi = ular [Jepang]) yang ada di atas bukit. Araragi pun kemudian meminta tolong kepada Kanbaru untuk menemaninya, di saat perjalanan menaiki tangga ke atas, mereka berdua bertemu dengan seorang gadis yang Araragi merasa mengenalnya untuk sesaat dan lalu melewatinya begitu saja. Sesampainya di atas kuil ternyata ada keanehan yang terjadi dimana banyak ular-ular dibunuh di atas bukit itu.
Setelah selesai dengan urusan menempel jimat tersebut. Araragi berkunjung ke sebuah perpustakaan untuk mencari sesuatu tentang ular, namun disaat itu juga ia bertemu dengan gadis yang tadi menuruni tangga dari bukit yaitu, Sengoku Nadeko, teman dari Adik Araragi, yang secara malu-malu menyukai Araragi. Setelah bertanya tentang apa yang dilakukan di atas bukit tadi, akhirnya Nadeko menjelaskan bahwa ia dikutuk oleh teman-teman sekelasnya di SMP.
Nadeko yang terkena kutukan, terlihat tanda-tanda seperti kulit ular di beberapa bagian tubuhnya

Sesudah bertanya kepada Oshino, diketahui jika kutukan pada Nadeko seharusnya tidak akan aktif jikalau Nadeko tidak membunuh ular-ular tersebut, jadi akhirnya Araragi bersama Kanbaru memulai untuk melakukan ritual pelepasan kutukan ular tersebut pada malam hari. Namun tidak disangka saat ritual untuk melepas "Kai" ular tersebut berlangsung, baru diketahui bahwa kutukan/Kai yang ada di tubuh Nadeko tidak hanya satu, melainkan ada 2 ular.

5. TSUBASA CAT

Arc "Tsubasa Cat" merupakan bagian ke-2 dari 3 cerita yang membahas satu "Kai", Arc sebelumnya adalah "Tsubasa Family" di Anime Nekomogatari: Kuro dan yang ke-3 adalah Arc "Tsubasa Tiger" dalam Nekomonogatari: Shiro yang tergabung di Monogatari Series Second Season.

Bercerita pada keadaan Hanekawa, dimana sebelumnya diceritakan bahwa pada waktu Golden Week (Libur pada akhir April hingga awal Mei, 29 April - 5 Mei [di Jepang]) Hanekawa bertemu dengan sebuah "Kai" yaitu "Sawari Neko" (Kucing pengusik/pengganggu) setelah ia menguburkan kucing yang mati di tengah jalan. Karena "Kai"-nya itu Hanekawa dapat berubah menjadi sisi gelapnya yaitu Black Hanekawa (sebutan yang dibuat oleh Oshino) apabila ia mengalami stress.
Black Hanekawa, berkebalikan dengan penampilannya
yang malah berambut putih dan bertelinga kucing.
Black Hanekawa pada masa Golden Week dapat diatasi dengan adanya Shinobu yang dapat menyerap "Kai" dengan kemampuan Energy Drain-nya. Namun belakangan, bahkan semenjak di Arc Nadeko Snake, stress Hanekawa kembali muncul, dan kemudian Araragi membawanya kepada Oshino Meme untuk bertanya bagaimana stress Hanekawa yang sudah hilang dapat kembali muncul lagi, setelah itu langsung saja Oshino membuat Hanekawa pingsan untuk memunculkan sisi Black Hanekawa tersebut, setelah berbincang dan tak menemukan jawaban, akhirnya Black Hanekawa diikat pada tiang agar bisa dihilangkan oleh Shinobu, namun ketika Araragi hendak mencarinya, Oshino berkata bahwa Shinobu baru saja melakukan perjalanan mencari jati diri atau bisa dibilang pergi meninggalkan Oshino, mengetahui hal itu Araragi pergi mencari dan meminta bantuan teman-temanya untuk segera menemukan Shinobu.
Namun siapa sangka ketika masa pencariannya itu, Black Hanekawa dapat terlepas dari ikatannya dan mulai mengikuti Araragi untuk membantu mencari Shinobu. Sesampainya mereka di atas sebuah gedung Black Hanekawa akhirnya memberitahukan bahwa penyebab stress tuannya (Hanekawa) adalah cintanya kepada Araragi yang bertepuk sebelah tangan. Araragi yang memilih untuk tetap mencintai Senjougahara dan menolak pilihan yang diberikan Black Hanekawa untuk membalas cinta tuannya agar stressnya hilang akhirnya harus berhadapan dengan Black Hanekawa sendirian.

Dalam Arc Tsubasa Cat ini, Hubungan Araragi dan Senjougahara mengalami peningkatan setelah melakukan first date mereka. Dan pada Arc ini juga setelah beberapa kali Oshino berkata kepada Araragi bahwa ia tidak bisa hanya terus-terusan mengandalkan Oshino ketika ada masalah, karena suatu hari Oshino akan pergi dari kotanya Araragi dkk. Akhirnya Oshino pun benar-benar pergi dengan salam perpisahan khusus pada Araragi.


NISEMONOGATARI

Nisemonogatari adalah seri ke-2 yang pertama tayang dari keseluruhan anime Seri Monogatari setelah Bakemonogatari. Dalam Nisemonogatari kita akan dipertemukan dengan beberapa Karakter baru yang benar-benar memiliki ciri khas yang unik yang akan ada di seri-seri Monogatari lainnya. Beberapa Karakter lama pun juga akan diceritakan di seri ini dan beberapa perkembangan juga menjadi sangat unik.

Sama seperti judulnya Nise=Tiruan/Palsu/Imitasi, Monogatari=Cerita, Nisemonogatari akan memiliki inti cerita tentang sebuah Imitasi/Tiruan ataupun sesuatu yang Palsu/Tiruan. Seri Monogatari ini dibagi menjadi 2 Arc yaitu:

1. KAREN BEE

Mengambil nama Adik Koyomi, Araragi Karen. Arc Karen Bee dimulai dengan keadaan dimana Araragi Koyomi disekap oleh Senjougahara disebuah bangunan tua.
Penyekapan Araragi
Cerita bermula ketika Araragi Koyomi yang belakangan memiliki kegiatan rutin untuk belajar dengan di ajari Senjougahara dan Hanekawa secara bergantian per harinya, tiba-tiba mendapatkan 1 hari libur, karena Hanekawa sedang sibuk dengan urusan lain. Untuk mengisi kekosongan harinya Araragi akhirnya memilih untuk pergi bertemu dengan teman-temannya yang lain, mulai dengan bertemu Hachikuji, pergi ke tempat Nadeko dan membantu membersihkan kamar Suruga yang dibalut dengan berbagai macam komedi-komedi khas monogatari (salah satunya ke-ecchi-an Kanbaru).
Kamar Suruga yang entah kenapa selalu berantakan setiap pertama kali dikunjungi
Namun disaat yang sama ketika Araragi Koyomi pergi, Araragi Karen sedang harus berhadapan dengan orang yang sangat berbahaya, dengan alasan menjadi serorang pahlawan kebenaran, Araragi Karen mencoba untuk menghentikan wabah jimat kutukan yang meneror kalangan anak SMP daerah itu, dimana Sengoku Nadeko menjadi salah satu korban tidak langsungnya (Bakemonogatari, Arc: Nadeko Snake). 

Setelah selesai dengan urusan Kanbaru, ketikan hendak meninggalkan rumahnya, Araragi Koyomi bertemu dengan orang asing, yang tidak lain tidak bukan, adalah orang yang pada akhirnya diketahui sebagai dalang penjual jimat kutukan palsu di kalangan anak SMP. orang itu adalah Kaiki Deishu, seorang penipu ulung yang menipu hanya demi uang.
Kaiki Deishu, berkulit pucat dengan aura penampilannya yang suram.
Setelah sesaat bertemu dengan Kaiki, Araragi langsung meninggalkannya dan malah bertemu dengan Senjougahara, setelah sempat membahas tentang orang yang suram yang ditemui Araragi setelah pulang dari rumah Kanbaru (saat itu Araragi belum mengetahui nama Kaiki), Araragi langsung diculik dan disekap oleh Senjougahara.

Disaat penyekapan itulah, Araragi mengetahui bahwa Karen mengalami kekalahan dan Araragi membebaskan dirinya dengan kekuatan Vampirnya. Sesampainya di rumah dan mengetahui apa yang terjadi bahwa Karen terkena "Kai" (Lebah Api) setelah berhadapan dengan Kaiki. Esoknya Araragi ingin pergi bekerja sama dengan Senjougahara untuk menghadapi Kaiki namun ditahan oleh Karen yang sudah lumayan sehat ditengah jalan, Karen ingin menyelesaikan masalah dengan Kaiki sendirian tanpa dibantu Araragi. Namun Araragi tidak setuju, dan terjadilah pertarungan fisik antara Karen dan Araragi.


Setelah menghadapi Karen, akhirnya Araragi pun sampai di tempat Senjougahara dan saat membicarakan rencana menghadapi Kaiki, diketahui lah bahwa Kaiki Deishu merupakan salah seorang dari 5 penipu yang pernah menipu Ibu dari Senjougahara dengan cara menjadi seorang Ghost Buster (Ahli "Kai") palsu.

2. TSUKIHI PHOENIX

Tsukihi Phoenix juga merupakan cerita tentang sebuah tiruan, namun tiruan yang berbeda dengan yang ada di Arc sebelumnya, Karen Bee. Dimulai dengan keadaan di rumah Araragi Koyomi, dimana adiknya Araragi Karen membangunkannya di pagi hari, Karen akhirnya mengetahui bahwa Koyomi kenal dengan Kanbaru Suruga, salah satu idola Karen dan Karen pun meminta Koyomi untuk mengenalkan mereka berdua. Namun Araragi Koyomi tidak mengiyakan hal tersebut sampai akhirnya mereka pun mengadakan pertandingan taruhan yang mana jika Karen menang, ia akan dikenalkan pada Kanbaru, dan sebaliknya jika Araragi Koyomi yang menang, maka Karen tak jadi dikenalkan.
Pertandingan taruhan ini pun menjadi sebuah adegan legendaris yang Anime Seri Monogatari yang secara gamblang (karena tidak ada resminya) dapat disebut dengan Adegan "Erotic Tooth Brushing" (Menyikat Gigi yang Erotis).
Yang sudah nonton pasti tau betapa "ecchi"-nya adegan satu ini.
Setelah pertandingan ini distop sesaat oleh Tsukihi yang shock melihat adegan ecchi incest satu ini dan berniat membunuh mereka berdua dengan tusukan es. Akhirnya pertandingan dimenangkan oleh Karen. Dan mereka pun pergi ke tempat Kanbaru, di tengah perjalanan mereka bertemu dengan 2 orang aneh secara terpisah yang menanyakan alamat yang sama, yaitu gedung sekolah tempat Oshino Meme dulu bernaung.

Setelah selesai dari tempat Kanbaru dan meninggalkan Karen di sana, Araragi pulang kerumah untuk sesaat sampai Shinobu mengajaknya pergi ke Mister Doughnut untuk membeli donat yang sedang diskon. Disana mereka bertemu kembali dengan Kaiki dan bertanya tentang kedua orang yang ditemui mereka dijalan tadi, Kagenui Yozuru dan Ononoki Yotsugi dan apa tujuan mereka ada di kota ini.
Ononoki Yotsugi (kiri) dan Kagenui Yozuru (kanan)

Setelah mengetahui bahwa Kagenui adalah seorang Onmyouji (Ahli "Kai") dan Ononoki adalah Shikigami-nya (Pelayan/Partner dari Onmyouji) yang merupakan Ahli "Kai" Spesialis untuk tipe "Kai" abadi, Araragi langsung pergi ke rumahnya karena berpikir bahwa pasti mereka yang diincar karena Shinobu adalah mantan Vampir yang termasuk "Kai" abadi.

Namun sesampainya di depan rumah, Araragi melihat kedua orang itu sedang membunyikan bel pintu rumahnya seperti sedang mencari seseorang. Setelah Araragi menyatakan pada bahwa pasti yang mereka cari adalah Araragi, ternyata Araragi salah. Kagenui dan Ononoki bukan mencari mantan Vampir "Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade" melainkan "Kai" Abadi lain yang ada di dalam rumah Araragi dan "Kai" itu adalah Araragi Tsukihi.

Setelah tiba-tiba Tsukihi keluar dari rumah untuk mengomeli orang yang memencet bel tiada henti. Ononoki pun langsung menyerangnya dengan Unlimited Rulebook-nya sampai menghancurkan bagian depan rumah Araragi dan setengah tubuh Tsukihi.
Ononoki Yotsugi dengan Unlimited Rulebook-nya
Araragi yang kemudian marah kepada kedua orang tersebut langsung berusaha menyerang namun digagalkan oleh Kagenui dan disaat itu juga Araragi diperlihatkan bahwa Tsukihi yang tadi baru saja terkena serangan dahsyat ternyata masih hidup dan utuh seperti sebelumnya dengan hanya saja pakaiannya yang hancur. Setelah itu Shinobu pun menggertak kedua orang itu dan akhirnya mereka pergi untuk sementara waktu

Dari situlah diketahui bahwa Araragi Tsukihi merupakan "Kai" Abadi yaitu seekor Phoenix (Bird of Fire). Tsukihi dapat menjadi "Kai" karena disebabkan oleh Ibunya yang sebenarnya terkena "Kai" tersebut saat mengandung Tsukihi sehingga Tsukihi dilahirkan sebagai "Kai".

Araragi yang sempat bingung dengan Tsukihi, apakah adiknya itu benar-benar adiknya atau tidak lebih sebuah tiruan yang diciptakan oleh "Kai" akhirnya memutuskan untuk menerima Tsukihi apa adanya sebagai adiknya. Dan memilih untuk bersama Shinobu berhadapan dengan Kagenui serta Ononoki untuk mencegah mereka membunuh Tsukihi.

Dalam pertarungan itu juga, diketahui bahwa Kagenui Yozuru, Kaiki Deishu dan Oshino Meme merupakan teman semasa kuliah dan tergabung dalam semacam klub Peneliti Supernatural (Occult Research) di bawah pimpinan Gaen Izuko
Kiri ke kanan: Kaiki Deishu, Kagenui Yozuru, Oshino Meme, Gaen Izuko


Sekian Sinopsis dan Review dari Bakemonogatari dan Nisemonogatari, Mohon maaf bila ada informasi yang miss, atau kurang tepat.

Artikel Sebelumnya:



Sumber:
Bakemonogatari.wikia.com
Wikipedia.com
Google.com
Youtube.com

2 comments:

  1. Sangat membantu sekali...
    ngemeng" dari semua Karakter perempuan... wanita Ideal Admin siapa? :v

    ReplyDelete